The Marina Torch Dubai Dilanda Kebakaran Jumat Dinihari

 The Marina Torch Dubai Dilanda Kebakaran Jumat Dinihari

Kebakaran The Marina Torch Dubai. (foto - Getty Images)

Dubai - Gedung hunian yang pernah tercatat sebagai yang tertinggi di dunia pada 2011, yakni Torch Tower Dubai dilanda kebakaran, Jumat (4/6/2017) sekitar pukul 01.00 dinihari waktu setempat. Dilaporkan, sejauh ini tidak ada korban luka dalam insiden kebakaran itu.

"Pasukan pemadam kebakaran dari empat stasiun pertahanan sipil telah dikerahkan untuk mengendalikan kebakaran dan memastikan keamanan warga," sebut seorang juru bicara.  "Dubai Civil Defense (Organisasi Manajemen Darurat Dubai) telah berhasil mengevakuasi Torch Tower, dan berupaya mengendalikan api".

Dilansir Daily Mail, video rekaman yang beredar di media sosial menunjukkan api menyebar di gedung yang juga dikenal dengan nama The Marina Torch itu, disertai puing-puing berjatuhan. "Ada asap di mana-mana. jalanan ditutupi puing-puing," kata sejumlah saksi mata.

Sementara salah seorang jurnalis Associated Press di dekat lokasi kebakaran mengungkapkan, lebih dari 40 lantai menara tinggi itu tampak dilalap api di satu sisi bangunan. Kepolisian Dubai pun telah menutup area di sekitar gedung, untuk menjaga warga dari puing-puing yang berjatuhan.

Diketahui, kebakaran itu merupakan yang kedua yang melanda tower itu. Pada 2015, ratusan orang dievakuasi dari gedung yang sama saat api besar melanda menara tersebut. Dua penghuni The Torch Tower saat itu menjelaskan, kebakaran dimulai dari lantai 52.

Steve Short (53) dari Liverpool, memuji hasil kerja petugas pemadam kebakaran yang tiba dengan cepat. Menurutnya, alarm kebakaran memperingatkan warga dan pihak manajemen bangunan untuk menghubungi petugas.

Direktur Pertahanan Sipil Dubai menyatakan, peristiwa kebakaran itu telah membuktikan kemampuan Pertahanan Sipil Dubai untuk mengendalikan dan menghentikan penyebaran api ke bangunan lain.

Padahal, pada Januari lalu Dubai telah mengeluarkan peraturan lebih ketat untuk meminimalisir risiko kebakaran. Serangkaian insiden kebakaran di gedung pencakar langit Dubai diduga akibat penggunaan bahan yang mudah terbakar pada sisi bangunannya. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,