Pasar Ikan Legendaris Tsukiji di Jepang Hangus Terbakar

Pasar Ikan Legendaris Tsukiji di Jepang Hangus Terbakar

Pasar Ikan Legendaris Tsukiji di Jepang Hangus Terbakar. (foto - Reuters)

Tokyo - Pasar pelelangan ikan tuna legendaris Tsukiji di di Tokyo Jepang terbakar, pada Kamis 3 Agustus 2017 sekitar pukul 16.50 waktu setempat. Pasar Tsukiji diketahui telah berusia 80 tahun.
 
Selama itu pula, Tsukiji menjadi salah satu pemasok terbesar ikan sebagai bahan dasar pembuat sushi di Tokyo. Tidak hanya itu, Pasar Tsukiji juga menjadi pasar yang terbesar, sekaligus merupakan salah satu destinasi wisata di Jepang.
 
Dilansir BBC, Jumat (4/8/2017) kebakaran terus meluas hingga bagian luar pasar yang dekat dengan jalan utama. Area sekitar Pasar Ikan Tradisional Tsukiji diketahui merupakan lokasi, yang banyak berdiri restoran dan toko ikan.
 
Dilaporkan, tidak ada korban luka-luka maupun jiwa dalam insiden tersebut. Bagian dalam Pasar Tsukiji juga tidak mengalami kerusakan yang berarti. Penyebab kebakaran itu sendiri belum diketahui dengan pasti. Namun, api menghanguskan sejumlah bangunan di sekitar, yang umumnya terbuat dari kayu.
 
Pasar Ikan Tradisional Tsukiji dibangun pada 1935, tidak lama setelah gempa dahsyat Kanto pada 1923. Tsukiji dibangun dengan fondasi berupa tiang-tiang besi yang bergelombang. Bangunan itu rencananya akan dipindahkan pada penghujung 2017.
 
Namun demikian, upaya pemindahan tersebut mendapatkan perlawanan dari penduduk di sekitar pasar tersebut. Mereka sudah terbiasa membangun bisnis selama turun temurun di Pasar Tsukiji.
 
Sementara itu, Gubernur Tokyo, Yuriko Koike bersikeras untuk memindahkan bangunan pasar tersebut. Alasannya membutuhkan pembangunan ulang, karena usianya sudah cukup tua hingga rentan gempa. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,