2 Bus Terseret Banjir Menewaskan 45 Penumpang di India

2 Bus Terseret Banjir Menewaskan 45 Penumpang di India

Petugas berusaha mencari para korban penumpang bus yang terkubur longsoran tanah. (foto - Associated Press)

Pradesh - Dua unit bus sarat penumpang terseret arus banjir di lereng bukit di Desa Urla Pradesh, Negara Bagian Himalaya India. Akibatnya 45 penumpang dinyatakan tewas dalam musibah tersebut.
 
Selain menyeret 2 unit bus, tanah longsor juga mengubur satu unit mobil dan sepeda motor. Upaya penyelamatan oleh petugas sempat terhambat akibat hujan deras yang terus mengguyur. Tanah longsor juga dilaporkan menyebabkan jalan utama ditutup.
 
Kecelakaan itu diketahui terjadi, pada Minggu 13 Agustus di mana masing-masing bus saat itu dilaporkan mengangkut lebih dari 50 penumpang. "Salah satu bus terkubur lumpur sedalam 15 meter, sehingga butuh waktu berjam-jam untuk mengangkat badan bus tersebut," sebut seorang petugas polisi, Ashok Sharma.
 
Dilansir Independent, Senin (14/8/2017) selain menyebabkan puluhan penumpang bus tewas, banjir juga menggenangi permukiman warga di Distrik Mandi di kaki bukit Himalaya. Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi telah menyampaikan ucapan belasungkawa terhadap para korban.
 
"Saya turut bersedih atas hilangnya puluhan nyawa akibat kecelakaan yang terjadi di Distrik Mandi, dan saya menyampaikan rasa duka cita yang mendalam terhadap keluarga korban," kata Modi.
 
Diketahui, wilayah perbukitan Himalaya memang dikenal rentan terjadi musibah tanah longsor. Hal tersebut dipicu karena adanya penggundulan hutan yang menyebabkan kerusakan lingkungan, sehingga meningkatkan potensi banjir bandang dan tanah longsor. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,