1.000 Kru Pesawat Berbagai Maskapai Jadi Duta Antinarkoba

1.000 Kru Pesawat Berbagai Maskapai Jadi Duta Antinarkoba

Petugas mengamankan area penangkapan terduga teroris di wilayah Jajaway kelurahan Antapani Kidul Kota Bandung, Selasa 15 Agustus pagi. (foto - ant)

Tangerang - Seribu kru pesawat dari berbagai maskapai penerbangan yang berada di Indonesia, terpilih menjadi "Duta Anti Narkoba". Pelatikan dilakukan langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Kepala BNN Komisaris Jenderal Budi Waseso, di Garbage Plant Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (15/8/2017).

Terpilihnya para kru maskapai itu pun bukan tanpa alasan. Menurut Tito, mereka dipilih karena tanggung jawab besar yang diembannya. "Kita resmikan 1.000 Duta Anti Narkoba dari kru pilot dan pramugari. Mereka menjadi contoh dalam mengembangkan kampanye antinarkoba," katanya.

"Mereka dipilih karena tanggung jawabnya. Nyawa kita tergantung pada Tuhan, dan pilot serta pramugari," tegas Tito. Selain profesi, sisi penampilan juga menjadi salah satu alasan mereka dipilih sebagai duta anti narkoba. Penampilan kru pesawat yang rupawan, dapat membantu petugas dalam menyosialisasikan bahaya narkoba kepada masyarakat.

Selama melakukan penerbangan pun, para kru pesawat itu nantinya akan mengenakan pin khusus di bajunya. Pin itu wajib dikenakan mereka sebagai wujud sosialisasi antinarkoba. "Biasanya kru pesawat itu ganteng dan cantik. Jadi mereka bisa menjadi model untuk kampanye anti narkoba," katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso menyatakan, ada sekitar 66 narkoba jenis baru sudah beredar di Indonesia. Masyarakat diminta untuk berhati-hati dengan narkoba jenis itu, karena efeknya sangat membahayakan.

"‎Sedikitnya ada 66 jenis baru yang masuk ke tanah air, termasuk flakka yang kita takuti karena sudah masuk di Indonesia," katanya saat pemusnahan 1 ton sabu dan 1,2 juta ekstasi di kompleks Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.

Buwas menyampaikan, pihaknya sedang menjalin kerja sama dengan Polri dan Bea Cukai untuk menelisik jaringan pengedar narkoba jenis flakka. Pasalnya, narkoba jenis ini sangat diminati oleh para pengguna di tanah air. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,