Komedian Legendaris Jerry Lewis Meninggal Usia 91 Tahun

Komedian Legendaris Jerry Lewis Meninggal Usia 91 Tahun

Jerry Lewis.

Las Vegas - Komedian legendaris Jerry Lewis meninggal dunia di usia 91 tahun di Las Vegas Amerika Serikat, Minggu 20 Agutsus 2017 waktu setempat atau Senin (21/8/2017) WIB. Jerry Lewis dikenal lewat humor slapstick-nya, dan telah menjalin hubungan erat dengan Dean Martin selama puluhan tahun sejak 1946.

Selaku petinggi Muscular Dystrophy Association, ia aktif dalam aksi penggalangan dana lewat tayangan televisi. Muscular Dystrophy Association adalah organisasi nirlaba yang mendedikasikan diri untuk para pengidap muscular dystrophy, penyakit yang menjangkiti otot.

Seperti dilaporkan The Independent, Jerry Lewis dilaporkan meninggal karena penyebab alami. Saat mengembuskan napas terakhir, keluarganya berada di sisinya. Ia merupakan seniman serba bisa, selain sebagai pelawak juga merupakan aktor, penyiar radio, penyanyi, produser dan sutradara film. 

Kariernya terbentang panjang dalam lini masa dunia hiburan di abad 20. Usianya baru 20 tahun saat ia berkolaborasi dengan Dean Martin dan menjadi bintang dunia. Sepanjang kariernya selama 5 dekade, ia telah membintangi lebih dari 45 film. 

Aktingnya kerap mengundang cemoohan pedas dari para kritikus. Namun, film yang dibintanginya sempat beberapa kali laris di pasaran, dan ia mendapat perdikat aktor dengan bayaran tertinggi di Hollywood. Ia tampil dalam sejumlah film seperti ”The BellBoy”, ”The Nutty Professor” dan film garapan Martin Scorsese, ”The King of Comedy”.

Di era 1980-an meski usianya sudah tua, ia masih rutin berkeliling ke berbagai negara dan memainkan peran panggung sebagai Nutty Professor. Pada era 1990-an, ia kembali ke dunia perfilman setelah hilang dari layar selama 20 tahun. Ia pun kembali aktif sebagai stand up comedian.

Jerry Lewis adalah orang yang sangat aktif sampai kerap melupakan hal-hal penting, seperti makan dan istirahat. Dengan komedi slapstick-nya, ia telah banyak meginspirasi para pelawak seperti Jim Carrey. Kabar meninggalnya Jerry Lewis langsung direspons duni maya. 

Banyak ucapan duka cita di Twitter yang disampaikan para pesohor. William Shatner menyebut "Dunia menjadi kurang lucu hari ini". Sementara Jamie Lee Curtis menyebut "Jerry Lewis punya pengaruh besar terhadap keluarga saya. Banyak film (yang (dibintanginya) bersama  ibu saya. Ia membuat film rumahan bersama Janet dan Tony, dan telah membuat saya dan banyak orang tertawa". (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,