Banjir di Negara Bagian Bihar di India Timur Telan 514 Jiwa

Banjir di Negara Bagian Bihar di India Timur Telan 514 Jiwa

Ratusan jiwa dilaporkan tewas akibat musibah banjir hebat yang merendam sejumlah wilayah di Negara bagian Binhar India. (foto - ist)

New Delhi - Banjir hebat merendam sejumlah wilayah di India. Bahkan, ratusan jiwa dilaporkan tewas akibat musibah tersebut. "Jumlah korban jiwa akibat banjir yang menerjang Negara Bagian Bihar di India Timur itu terus bertambah hingga mencapai 514 orang," sebut beberapa pejabat Departemen Penanganan Bencana.

Dilaporkan Xinhua, Selasa (29/8/2017) luapan air dari sungai tersebut telah merendam daerah baru. Sejauh ini, banjir telah berdampak terhadap 17,1 juta orang, yang berada di lebih 21 kabupaten di negara bagian tersebut.

Berdasarkan keterangan para pejabat, kondisi banjir di negara bagian tersebut masih tetap suram, Utamanya di Kabupaten Samastipur, Muzaffarpur dan Darbhanga, ketika permukaan air Sungai Burhi Gandak dan Bagmati melewati tanda bahaya.

"Sebanyak 514 orang telah dilaporkan tewas sejauh ini, di seluruh negara bagian tersebut akibat musibah banjir," kata seorang pejabat senior Departemen Penanganan Bencana. "Di 21 kabupaten, 8.394 desa telah terpengaruh," katanya.

Juru bicara pemerintah mengatakan, Kepala Menteri Negara Bagian Bihar Nitish Kumar telah mengkaji operasi bantuan dan pertolongan yang dilancarkan di daerah yang terkena dampak banjir. Pemerintah lokal telah mengumumkan ganti-rugi sebesar 6.248 dolar AS, bagi masing-masing keluarga yang kehilangan anggota keluarganya akibat banjir.

Sementara itu, di Uttar Pradesh jumlah korban jiwa akibat banjir yang menerjang telah meningkat menjadi 109 orang. Sebanyak 2,5 juta orang telah terkena dampak yang berada  di 5.000 desa Uttar Pradesh. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,