Badai Harvey Paksa Puluhan Ribu Warga Texas Mengungsi

Badai Harvey Paksa Puluhan Ribu Warga Texas Mengungsi

Rumah dan mobil terendam banjir memaksa puluhan ribu warga Texas mengungsi ke tempat penampungan. (foto - Twitter)

Texas - Puluhan ribu orang memadati tempat penampungan sementara, setelah Badai Harvey menerjang Texas. Badai yang memicu banjir membuat banyak orang terpaksa meninggalkan tempat tinggal mereka, mengungsi ke tempat yang aman.
 
Banjir semakin parah mengingat curah hujan yang tinggi, bahkan menyebabkan sebuah bendungan jebol. Jebolnya bendungan itu telah menyebabkan jalanan di kota terendam air dan memutus akses transportasi, termasuk jalan yang digunakan untuk jalur evakuasi.
 
Salah satunya, yakni penampungan pengungsi di bangunan Sekolah Cinco Ranch yang dilengkapi dengan fasilitas mandi dan selimut. Selain itu, penampungan itu juga menyediakan area bermain khusus bagi anak-anak serta buku untuk mereka belajar.
 
Dilansir Huffington Post, berdasarkan keterangan Manajemen Darurat Federal (FEMA), jumlah warga yang mengungsi totalnya mencapai lebih dari 30 ribu orang. Penampungan bagi para pengungsi telah dilengkapi dengan fasilitas yang baik.
 
Bencana yang menerpa Texas telah mematikan sebagian kehidupan ekonomi negara tersebut. Sebagian besar toko kelontong, restoran dan stasiun pengisian bahan bakar yang menjadi kebutuhan masyarakat, sebagian besar terpaksa tutup.
 
Sekolah Cinco Ranch sendiri merupakan satu dari tiga sekolah yang ada di Kota Katy dijadikan penampungan pengungsi sementara. Kepala Petugas Operasi pengungsian menyebutkan, terdapat 700 orang yang tinggal di penampungan Sekolah Cinco Ranch.
 
Seorang warga, Laura Gonzalez (44) mengaku pada awalnya tidak berniat untuk tinggal di penampungan. Namun volume air banjir yang terus meninggi memaksanya untuk mengungsi. "Saya pikir air tidak akan mencapai rumahku. Tapi Senin pagi aku terpaksa bangun dari tidurku sekitar pukul 02.00 dinihari, karena air telah menggenang di dalam rumah," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,