Sapi Kurban Sumbangan Wagub Jabar Terjangkit CacingHati

Sapi Kurban Sumbangan Wagub Jabar Terjangkit CacingHati

Wagub Jabar Deddy Mizwar menyaksikan pemotongan sapi kurban yang disumbangkan kepada DKM Masjid Raya Jawa Barat, Jumat 1 September 2017. (foto - @Deddy_Mizwar_)

Bandung - Hewan kurban satu ekor sapi sumbangan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar kepada DKM Masjid Raya Jawa Barat di hari raya Idul Adha terjangkit cacing hati, Jumat (1/9/2017).

Hal itu diketahui oleh tim pemeriksa hewan kurban dari Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung usai dilakukan pemotongan. Hal itu pun membuat tim pemeriksa menjadi heran, karena sebelumnya mereka telah melakukan pemeriksaan terhadap sapi tersebut yang sudah dinyatakan layak potong.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan dari organ yang ditemukan di paru-paru aman. Hanya di bagian hati ada cacing hatinya," kata drh. Gita. Menurutnya, cacing hati tersebut sangat berbahaya jika telah menyebar di organ hati. 

Hal itu bisa dikatakan daging sapi yang tak layak untuk dikonsumsi. "Kalau hanya sedikit bisa diantisipasi dengan dibuang sebagian. Namun, kalau menyeluruh otomatis tidak bisa dikonsumsi," kata Gita dilansir PRFM.

Cacing hati kerap menjangkiti sapi lokal di mana para peternak kurang memperhatikan pola asupan makan dan kebersihan kandang. Oleh karena itu ke depan ia berjanji akan terus melakukan pengawasan ketat kepada para peternak hewan, agar hal serupa tidak terjadi di kemudian hari.
 
Sementara itu, Deddy Mizwar sendiri meninjau langsung pemotongan hewan kurban di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat tersebut. Menurut Deddy, banyak makna terkandung dari berkurban yang dianjurkan dalam agama Islam. "Kita bisa saling berbagi, secara filosofis menyembelih sifat-sifat hewan yang ada dalam diri kita," katanya.
 
Ia menyatakan, manusia tidak luput dari sifat-sifat buruk dalam dirinya. Oleh karena itu, dengan berkurban maka sifat-sifat buruk itu dapat dibersihkan dengan saling berbagi dari harta yang dimiliki. Sebelum meninjau pemotongan hewan kurban, Deddy pun mengikuti  shalat Idul Adha bersama warga di Lapangan Gasibu Jalan Diponegoro Bandung. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,