Areal Hutan di Blok Rejeng Gunung Guntur Garut Terbakar

Areal Hutan di Blok Rejeng Gunung Guntur Garut Terbakar

Kebakaran hutan Gunung Guntur yang berada di wilayah Kabupaten Garut Jawa Barat, Senin 4 September 2017 malam. (foto - Dok. BNPB)

Garut - Kebakaran melanda hutan Gunung Guntur yang berada di wilayah Kabupaten Garut Jawa Barat, Senin (4/9/2017) malam. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 19.00 WIB itu, tepatnya di hutan Gunung Guntur Blok Rejeng Kampung Cilopang Desa Rancabango Tarogong Kaler Garut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Dadi Djakaria mengatakan, kebakaran tersebut terjadi di Blok Rejeng. Angin yang bertiup kencang membuat api mudah sekali membesar dan merembet ke lokasi sekitar.

Menurutnya, kebakaran tersebut diduga terjadi karena musim kemarau. "Api bisa saja berasal dari adanya gesekan batu di puncak gunung, yang menimbulkan percikan api kemudian menyambar semak-semak yang kering," katanya.

Sementara petugas BPBD Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Garut dan warga setempat, langsung bergerak untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. Kobaran api dilaporkan berhasil dipadamkan sekitar pukul 23.00 WIB.

Sejauh ini, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,  karena lokasi kebakaran yang cukup jauh dari jalur pendakian menuju puncak Gunung Guntur. Para petugas masih menghitung luas lahan di areal hutan tersebut yang terbakar.

Berdasarkan keterangan Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Garut Erwin Gunadi, petugas masih berusaha untuk memadamkan sisa-sisa kobaran api yang menyala dengan peralatan pemadam api. "Antara lain ada pohon pinus, kayu putih dan ilalang," katanya.

Pihaknya belum bisa memprediksi luas lahan yang terbakar, karena petugas di lapangan masih melakukan pendataan. "Belum bisa diprediksi karena kami dari BPBD dan BKSDA masih melakukan pendataan di lapangan," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,