Ratusan Kios di Pasar Gombong Kebumen Ludes Terbakar

Ratusan Kios di Pasar Gombong Kebumen Ludes Terbakar

Kebakran Pasar Wonokriyo di Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. (foto - ist)

Kebumen - Sedikitnya 672 kios pedagang yang berada di Pasar Wonokriyo Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen Jawa Tengah ludes terbakar, Kamis (7/9/2017) dinihari. Sekitar 80 persen pasar itu hangus terbakar, karena api dengan cepat merembet.

"Yang terbakar habis sekitar 672 kios pedagang. Antara lain mereka yang berjualan baju, sepatu aksesoris, sayuran, gerabah dan lain-lain. Lantai bawah terbakar terus atapnya runtuh," kata Kapolres Kebumen AKBP Tuti Hastuti.

Sejumlah pedagang hanya bisa pasarah atas musibah yang terjadi pada subuh tersebut. Menurut mereka, akibat kiosnya terbakar pihaknya menderita kerugian hingga ratusan juta rupiah. "Yang terbakar ada sepatu, sendal, jam, pakaian habis semua, kerugian ditaksir sekitar Rp 600 juta," kata salah seorang pedagang.

Meski api sudah mulai bisa dilokalisir dan sebagian besar sudah padam, petugas masih menyemprotkan air untuk memastikan sisa api lain yang masih menyala. Untuk menjaga keamanan, puluhan petugas polisi pun dikerahkan untuk menjaga kios lain yang masih utuh agar tidak dijarah oleh warga.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran dari Banyumas, Cilacap dan Purworejo ikut membantu, meski tidak bisa menyelamatkan pasar dari kobaran si jago merah. Para pedagang berusaha mencari dan mengais sisa barang yang masih bisa digunakan.

Sejauh ini, pihak kepolisian belum bisa memastikan penyebab kebakaran termasuk asal mula api. Sebab, kebakaran terjadi pada dinihari  saat seluruh kios pasar dalam keadaan tutup. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,