KRL Terganggu, Penumpang Meluber di Stasiun Manggarai

KRL Terganggu, Penumpang Meluber di Stasiun Manggarai

Penumpukan penumpang KRL terjadi di Stasiun Manggarai. (foto - @didik_dj)

Jakarta - Perjalanan KRL rute Stasiun Duri-Tanah Abang terganggu, setelah benda asing diduga seng tersangkut di kabel atas, ehingga aliran listrik mati. Akibatnya, para penumpang menumpuk khususnya terjadi di Stasiun Manggarai Jakarta.

Para penumpang KRL pun banyak yang mencari alternatif perjalanan lainnya, seperti memesan angkutan online yang mengakibatkan terjadinya kemacetan di sekitar Stasiun Manggarai. Para penumpang pun banyak lesehan di lantai-lantai peron.

Sementara di jalur lima Stasiun Manggarai ada satu KRL yang tertahan sejak pukul 20.00 WIB. KRL tersebut hendak menuju Tanah Abang, namun tidak bisa diberangkatkan. Di dalam gerbong banyak penumpang yang kelelahan menunggu, dan mereka memilih duduk lesehan dan bermain smartphone.

"Ada gangguan sejak pukul 8 tahu kenapa tadi habis hujan besar," kata seorang petugas keamanan Stasiun Manggarai. Petugas KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) pun lewat pengeras suara juga mengumumkan adanya gangguan listrik aliran atas.

"Mohon penumpang mencari transportasi alternatif lain sehubungan dengan adanya gangguan listrik aliran atas, antara Stasiun Tanah Abang dan Duri," katanya.

Namun demikian, Vice Presiden Komunikasi PT KCJ Eva Chairunisa menyampaikan, evakuasi benda asing yang tersangkut di kabel Listrik Aliran Atas (LAA) KRL telah selesai. Maka rute KRL Stasiun Duri, Jakarta Barat - Stasiun Tanah Abang Jakarta Pusat kembali normal.

"Meski operasional kembali normal, masih dibutuhkan waktu untuk mengurai antrean kepadatan KRL di jalur rel lintas Duri - Tanah Abang dan sebaiknya," katanya. Senin (11/9/2017) dinihari.

"PT KCJ mengucapkan permohonan maaf atas gangguan itu dan mengimbau kepada pengguna yang tidak dapat menunggu disarankan untuk berganti moda lain," kata Eva. Proses evakuasi sendiri memakan waktu cukup lama, yakni sejak 19.55 WIB sampai pukul 23.30 WIB. Akibatnya, banyak penumpang yang terlantar, meski beberapa kali pihak KCJ mengimbau agar menggunakan transportasi lainnya.

Seperti diketahui, benda misterius menyangkut di kabel LAA KRL sekitar pukul 19.35 WIB. Benda asing itu diduga seng dari bangunan di sekitar rel yang terbawa angin kencang. Saat itu petugas KCJ langsung mematikan listrik kabel LAA, dan berusaha mengevaluasi benda itu. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,