Longsor di Cisompet, Jalur Garut - Pameungpeuk Terputus

Longsor di Cisompet, Jalur Garut - Pameungpeuk Terputus

Tebing setinggi 14 meter longsor di Desa Sukamukti Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut menutupi badan jalan. (foto - ist)

Garut - Jalur selatan yang menghubungkan wilayah Garut dengan Kabupaten Bandung lewat Pameungpeuk terputus total, menyusul tebing setinggi 14 meter di Jalan Raya antara Cisompet - Pamengpeuk longsor, Sabtu (30/9/2017) siang sekitar pukul 14.00 WIB.
 
"Berdasarkan laporan longsor menutup akses Jalan Raya Cisompet - Pamengpeuk, tepatnya di Desa Sukamukti Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut," sebut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Garut Dadi Djakaria, Sabtu (30/9/2017) malam.
 
Akibat longsor tersebut, material berupa tanah, bebatuan dan pepohonan ambruk menutupi badan jalan. Longsor tersebut terjadi akibat hujan deras yang terus mengguyur kawasan itu sejak Sabtu pagi. "Tidak ada korban jiwa dan kerusakan rumah dalam kejadian itu," kata Dadi.
 
Sementara itu, upaya evakuasi material longsoran tengah dilakukan oleh aparat gabungan. Mereka antara lain dari BPBD Garut, muspika, polisi serta TNI setempat.
 
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Drs Yusri Yunus membenarkan terjadinya longsor tersebut karena guyuran hujan yang terus menerus. Jalan yang tertimbun tanah longsor mencapai sekitar 12 meter dengan ketinggian tanah mencapai tiga meter.
 
Untuk membuka kembali jalan yang tertimbun longsor dibutuhkan alat berat. Untuk itu, instansi terkait sedang melakukan koordinasi untuk penanganan lebih lanjut.
 
"Jajaran Polres Garut dan instansi terkait dikerahkan untuk mengantisipasi kemungkinan longsor susulan. Warga yang rumahnya berdekatan dengan lokasi kejadian, diimbau untuk mencari tempat aman," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,