Mencekam, Bentrokan Mahasiswa Pecah di Universitas Riau

Mencekam, Bentrokan Mahasiswa Pecah di Universitas Riau

Bentrok antarmahasiswa di kampus Universitas Riau (Unri) di kawasan Panam Pekanbaru Riau berlangsung hingga malam. (foto - ant)

Pekanbaru - Suasana mencekam saat bentrokan pecah di kampus Universitas Riau (Unri) di kawasan Panam Pekanbaru Riau. Sesama mahasiswa pun saling lempar batu, hingga merusak sejumlah fasilitas kampus, Kamis (5/10/2017) sekitar pukul 17.00 WIB.

Keributan itu terjadi di Jalan Subrantas Kecamatan Tampan Pekanbaru Riau, Mahasiswa Fakultas Teknik bentrok dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol). "Fasilitas kampus ada yang dirusak. Ada pot bunga termasuk kaca jendela pecah, terkena lemparan batu," kata Wakapolresta Pekanbaru AKBP Edy Sumardi.

Menurutnya, bentrok sesama mahasiswa Universitas Riau itu berawal dari persoalan sepele, saling ejek. Sore itu mahasiswa Fakultas Teknik sedang konvoi dengan motor melawati kampus Fisipol, yang kebetulan sedang menggelar acara wisuda.

"Mahasiswa Teknik saat melintas menggeber sepeda motornya. Karena bising, ditegur oleh mahasiswa Fisipol karena mereka lagi ada acara wisuda. Ketika ditegur, mahasiswa Teknik tidak terima terjadilah keributan sesama mahasiswa," katanya.

Akibat bentrokan di dalam kampus tersebut, pihaknya langsung menerjunkan personel ke lokasi. "Atas perintah Kapolresta (Kombes Susano), anggota Polresta Pekanbaru diperbantukan ke lokasi untuk mendukung Polsek Tampan," tegas Edy.

Disebutkan, menjelang magrib situasi sudah bisa dikendalikan. Pihak kepolisian meminta pihak dekan dan rektor turun langsung untuk meredakan situasi di kampusnya. "Kita sudah minta agar pihak rektorat untuk menyelesaikan masalah. Namun laporan terakhir yang kita terima sudah kondusif," katanya.

Para personel Polresta dan Polsek Tampan masih berjaga di lokasi. Ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan. "Tim kita masih berjaga di sana untuk memberikan rasa aman dan cegah tidak terulang kejadian serupa," tambahnya.

Namun demikian, hingga malam bentrok pun masih berlangsung. Bahkan, makin malam suasana bertambah mencekam karena aksi saling serang mahasiswa tetap berlangsung. Sejumlah mahasiswa dikabarkan terluka akibat lemparan batu.

Dua kubu yang bentrok pun masih bertahan di kampus. Mereka membakar ban bekas dan merusak sejumlah karangan bunga ucapan selamat wisuda untuk mahasiswa Fisip. Sejumlah mahasiswa mengalami luka di kepala dan harus dirawat di rumah sakit yang berada di lingkungan kampus. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,