Markas EU Terpapar Asap Beracun Seisi Gedung Dievakuasi

Markas EU Terpapar Asap Beracun Seisi Gedung Dievakuasi

Pihak keamanan Belgia siaga di sekitar lokasi Markas Uni Eropa Brussels Belgia. (foto - AFP/Getty Images)

Brussels - Sedikitnya dua puluh orang jatuh sakit, setelah terpapar asap beracun di Markas Uni Eropa (European Union - EU) Brussels Belgia. Peristiwa tersebut terjadi pada 13 Oktober 2017 waktu setempat.

Seperti dilansir The Strait Times, Sabtu (14/10/2017) insiden tersebut memicu pihak manajemen gedung untuk memerintahkan evakuasi. Sementara itu, otoritas keamanan dan dinas ambulans setempat tetap bersiaga di sekitar lokasi.

Berdasarkan keterangan, asap beracun tersebut dipicu atas reaksi bahan kimia di ruangan dapur gedung. "Ada campuran dan reaksi sejumlah bahan kimia di ruang dapur yang memicu timbulnya asap beracun," sebut Pierre Meys, juru bicara untuk dinas tanggap darurat Brussels.

"Asap tersebut menyebabkan mata pedih dan muntah-muntah bagi sejumlah orang," tegas Meys. Sementara itu pihak Uni Eropa mengatakan, ada 20 orang yang terdampak insiden itu.

Sembilan orang di antaranya harus mendapat perawatan di rumah sakit, dan empat orang lainnya mengalami kondisi yang memerlukan pantauan penuh dari petugas medis.

Menurut Uni Eropa, asap beracun tersebut disebabkan oleh reaksi kimia campuran dua bahan pembersih. Asap itu kemudian tersedot ventilasi udara, yang kemudian menyebar-luaskannya ke seluruh gedung.

Lepas dari insiden itu, aktivitas dan pertemuan yang dilaksanakan di kantor itu tetap berjalan sesuai jadwal. "Senin pekan depan, gedung akan kembali dibuka. Petemuan serta aktivitas yang terjadwal akan terlaksana tanpa perubahan," demikian keterangan dari Uni Eropa. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,