Puskesmas Rawa Buntu Banjir Akibat Drainase Buruk

Puskesmas Rawa Buntu Banjir Akibat Drainase Buruk

Puskesmas Rawa Buntu di Kelurahan Rawa Buntu Kecamatan Serpong Tangerang Selatan. (foto - ist)

Tangerang - Puskesmas Rawa Buntu yang berada di Kelurahan Rawa Buntu Kecamatan Serpong Tangerang Selatan tergenang banjir setinggi 30 centimeter. Meski begitu, pelayanan kesehatan masyarakat tetap berjalan meski air masuk ke dalam ruangan.
 
Menurut Kepala Puskesmas Rawa Buntu Hartono Mulyana, air yang menggenangi Puskesmas Rawa Buntu memang kerap terjadi setiap hujan deras mengguyur. Pihaknya berharap, Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Selatan bertanggung jawab atas insiden, yang kerap menimpa puskesmas yang berada pada posisi cekungan itu.

"Harusnya tanyanya ke Dinas PU, itu sering kali terjadi karena got yang berada di jalan Raya Rawa Buntu mampet, harusnya PU rutin membersihkan," katanya, Senin (23/10/2017). Namun demikian, Hartono memastikan pelayanan rawat inap, persalinan dan kegawat-daruratan lainnya tetap berjalan sedia kala, meski genangan air hujan masuk ke dalam puskesmas. 

Ia memastikan, air akan masuk ke dalam puskesmas jika hujan yang turun 3 sampai 4 jam. Saat ini tampak air sudah menggenangi pelataran depan dan halaman puskesmas. "Kita lihat saja, kalau sekarang masih belum masuk air, tapi kalau masih hujan biasanya masuk ke dalam," katanya.

Diharapkan, pemerintah dalam hal ini Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air bekerja optimal dalam membersihkan saluran air (drainase) yang mampet. "Ini sudah seperti langganan, setiap hujan deras pasti limpasan airnya masuk ke puskesmas. Kalau kami tinggikan, nanti masjid yang terendam, karena kami berada di cekungan. Penyebabnya jelas karena drainase," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,