Kantor Pos Cairkan PSKS Sesuai Jadwal

Kantor Pos Cairkan PSKS Sesuai Jadwal

Kantor Pos Cairkan PSKS Sesuai Jadwal

Bandung - Pencairan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) sebagai kompensasi kenaikan BBM dilakukan rumah tangga sasaran (RT) sesuai jadwal yang dikelurkan oleh Kantor Pos setempat.

"Pencairan PSKS dilakukan sesuai jadwal kelurahan dan desa yang sesuai jadwal, kami berharap RTS tidak datang ke kantor pos di luar jadwal yang telah kami buat," kata Kepala Kantor Pos Besar Bandung Hary Sartana di Bandung, Rabu (19/11/2014).

Menurut dia, jadwal pencairan program itu akan disampaikan ke kelurahan dan desa masing-masing berikut data rumah tangga sasaran yang berhak atas PSKS itu.

Ia menyebutkan, setiap RTS akan mendapat tabungan giro sebesar Rp400 ribu yakni untuk Bulan November Rp200 ribu dan Desember Rp200 ribu. Dana itu akan disampaikan dalam bentuk tabungan yang bisa dicairkan seluruhnya atau bisa diambil sebagian.

"Pengurusan dan pencairan PSKS itu hanya dilakukan di Kantor Pos yang ditunjuk di wilayah masing-masing. Pengurusan dan pencairan di kantor pos di luar wilayah domisili tidak akan dilayani," katanya.

Ia menyebutkan, pihaknya sudah melakukan penyusunan jadwal pencairan PSKS itu sesuai daerah masing-masing. Ia mengakui beberapa kecamatan terdekat sudah dilakukan pelayanan pengurusan dan pencairan PSKS itu.

"Pencairan program ini cukup panjang, hingga Desember 2014, jadi masyarakat tidak perlu khawatir dan ikuti jadwal yang telah kami susun nanti," katanya.

Selain melayani di loket biasa, pihaknya juga akan menyiapkan loket khusus pencairan PSKS bagi lanjut usia, penyandang cacat dan yang memiliki kebutuhan khusus lainnya.

"Penjadwalan ini dilakukan demi kenyamanan, kelancaran dan juga keamanan. RTS yang harus dilayani cukup banyak, sehingga kami harus melakukan upaya efektif, sehingga tidak terjadi penumpukkan di loket," kata Hary.

Sementara itu Manager Public Relation PT Pos Indoneia Abu Sopian mengatakan pembayaran PSKS hanya dapat dilakukan kepada RTS yang memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan tercantum pada Data Bayar/Daftar Nominatif PSKS. RTS yang memiliki KPS tetapi tidak terdapat dalam aplikasi Daftar Nominatif PSKS maka tidak dapat di bayarkan.

RTS yang tidak memiliki KPS tetapi terdapat dalam aplikasi Daftar Nominatif PSKS, maka RTS tersebut diminta untuk mengikuti prosedur KPS hilang.

Penerima harus membawa dan mengunjukan KPS dan Kartu Identitas pada waktu hendak menguangkan Simpanan Giropos. Pembayaran Simpanan Giropos dapat dilakukan di Kantor Pos Bayar Online (KPRK/KPC) dan di komunitas/Kp Bayar Offline.

Sementara itu berdasarkan dara dari PT Pos Indonesia, pembayaran PSKS di Bandung Raya akan dilakukan di Kantor Pos Bandung, Soreang dan Cimahi.

Jumlah rumah tangga sasaran PSKS di Kota Bandung sebanyak 61.967 RTS dengan total senilai Rp24,78 miliar. Kemudian Kabupaten Bandung yang dilayani di KP Bandung sebanyak 93.765 RTS total Rp37,506 miliar, Kabupaten Banding di KP Cimahi 4.270 RTS senilai Rp1,78 miliar. Jumlah RTS Kabupaten Bandung yang dilayani di kantor pos wilayan Soreang sebanyak 88.858 RTS senilai Rp35,543 miliar.

Sedangkan jumlah RTS di wilayah Kabupaten Bandung Barat yang akan dilayani di KP Bandung sebanyak 7.841 RTS senilai Rp3,13 miliar. RTS Kabupaten Bandung Barat sebanyak besar dibayarkan di wilayah Kantor Pos Cimahi sebanyak 78.633 RTS senilai Rp31.465 miliar.

Jumlah RTS Kota Cimahi penerima PSKS sebanyak 18.535 RTS dengan total Rp7,141 miliar yang semuanya dibayarkan di Kantor Pos wilayah Cimahi.

Sosialisasi pencairan PSKS terus dilakukan oleh Kantor Pos, termasuk dengan berkoordinasi melalui Pemda dan Pemkot setempat.

"Memang masih banyak masyarakat yang belum tahu atau kebingungan, namun diharapkan semuanya bisa mengikuti arahan dari pemerintahan desa dan kelurahan setempat," kata Kepala Kantor Pos Besar Bandung, Hary Sartana.

Ia mencontohkan sosialiasi dan koordinasi dilakukan dengan Pemkab Bandung yang digelar pada Rabu (19/11) di Kompleks Pemda Soreang dengan materi penyusunan jadwal dan teknis pencairan PSKS itu. (AY)

.

Categories:Bandung,