Maluku City Mall Ambon Rusak Digoyang Gempa Beruntun

Maluku City Mall Ambon Rusak Digoyang Gempa Beruntun

Palfon Maluku City Mall (MCM) di Kota Ambon berjatuhan setelah diguncang lima kali gempa beruntun. (foto - @Sutopo_BNPB)

Ambon - Lima gempa beruntun yang mengguncang  wilayah Ambon dan sekitarnya di Kepulauan Maluku,  menyebabkan sejumlah bangunan mengalami kerusakan. Dua bangunan yang mengalami kerusakan, di antaranya Maluku City Mall (MCM) dan Bioskop XXI di Ambon City Center.

Bahkan di Bandara Pattimura Ambon juga mengalami kerusakan akibat gempa beruntun tersebut. Kerusakan antara lain sejumlah plafon hingga kaca pecah. Namun demikian, tidak ada penutupan bandara dan masih bisa digunakan untuk operasional pesawat.

Berdasarkan informasi Kepala Pusat Data Informasi dan Humas dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho lewat akun Twitter resminya, Selasa (31/10/2017) menyebutkan, plafon di kedua bangunan yang berada di pusat Kota Ambon tersebut ambrol akibat guncangan gempa.

Meski demikian, pihak BNPB belum menerima data tentang adanya korban jiwa akibat guncangan gempa yang terjadi lima kali secara beruntun tersebut.

Sementara itu, Corporate Secretary Angkasa Pura (AP) I Israwadi menjelaskan, Bandara Pattimura Ambon memang mengalami beberapa kerusakan akibat gempa, antara lain plafon hingga kaca pecah. Namun, sejauh ini pihak bandara pun amsih melakukan pendataan mengenai kerusakan itu.

"Iya, jadi itu memang ada kerusakan, makanya tadi kita lagi mendata. Ini juga juga ada plafon jarih yang terjadi di jalur kedatangan dan keberangkatan. Namun, hal itu bisa cepat diperbaiki, sehingga nggak menimbulkan masalah," katanya.

Menurut Israwadi, selain itu terdapat kerusakan kecil di sekitar tower. Namun kerusakan hanya terjadi di luar area bandara tersebut. "Jadi kaca tower itu pecah, kemudian ada prasasti tiga pecah. Kemudian plafon di jalur kedatangan dan keberangkatan ada yang rontok tapi itu di luar bukan di dalam terminal," katanya.

Namun demikian, sejauh ini bandara tidak sampai ditutup, dan bandara tetap bisa digunakan untuk operasional pesawat. "Memang ini bisa beroperasi, sudah nggak ada masalah. Kan sudah habis operasional penerbangan. Jadi besok pagi kita nggak ada penutupan bandara tetap ada operasional," tegasnya.

Seperti diketahui wilayah Ambon dan sekitarnya diguncang gempa sebanyak 5 kali secara beruntun. Dilaporkan, warga pun sempat panik dan berhamburan keluar rumah. (Jr.)**

Rincian lima kali gempa mulai pukul 18.31 WIB hingga 19.37 WIB:

1. Pukul 18.31 WIB, gempa berkekuatan 5,7 SR
2. Pukul 18.34 WIB, gempa berkekuatan 5,6 SR
3. Pukul 18.50 WIB, gempa berkekuatan 6,2 SR
4. Pukul 18.59 WIB, gempa berkekuatan 5,2 SR
5. Pukul 19.37 WIB, gempa berkekuatan 5,6 SR 

.

Categories:Daerah,
Tags:,