26 Orang Tewas, Pemerintah India Selidiki Ledakan di NTPC

26 Orang Tewas, Pemerintah India Selidiki Ledakan di NTPC

Ledakan terjadi di pembangkit listrik tenaga batubara di Distrik Rae Bareli Uttar Pradesh India. (foto - indianexpress)

New Delhi - Akibat ledakan besar yang terjadi di pembangkit listrik tenaga batubara di Distrik Rae Bareli Uttar Pradesh India, sejauh ini telah mengakibatkan 26 orang tewas. Selain itu, lebih dari 100 orang dinyatakan terluka.

Penyebab ledakan tersebut tersumbatnya pipa gas buang di sebuah unit. Gas dan uap panas yang dikeluarkan oleh ledakan itu membuat beberapa pekerja terluka parah," sebut Sanjay Kumar Khatri, pejabat tinggi pemerintah di Distrik Rae Bareli.

Dilansir Reuters, Kamis (2/11/2017) salah satu saksi mata, Arvind Kumar menuturkan beberapa orang terluka parah dan dibawa ke sebuah rumah sakit di ibukota negara bagian Lucknow. Peristiwa itu sendiri terjadi pada Rabu 1 November 2017 waktu New Delhi.

Pejabat senior kepolisian negara bagian, Anand Kumar mengatakan dalam sebuah pernyataan yang di-posting online, abu menumpuk di tungku di bawah broiler. Hal itu diduga telah memicu terbentuknya tekanan yang mengakibatkan ledakan tersebut.

Pihak berwenang di India langsung memerintahkan penyelidikan untuk mengetahui penyebab ledakan. Penyelidikan dilakukan dalam waktu tujuh hari. "Sebuah penyelidikan magisterial telah dimulai. Tim teknis akan melaporkan temuan tujuh hari kemudian," kata otoritas berwenang, Khatri.

Pemerintah negara bagian juga menawarkan kompensasi tunai. Untuk korban tewas pemerintah memberikan 200 ribu rupee (sekitar Rp 41 juta), 50 ribu rupee (sekitar Rp 10 juta) untuk korban yang terluka parah, dan 25 ribu rupee (sekitara Rp 5 juta) untuk korban yang terluka ringan.

Ledakan yang terjadi di pembangkit listrik bertenaga 1.550 megawatt (MW) itu memang dahsyat. Peristiwa itu merupakan ledakan terparah yang pernah terjadi di India. Sebanyak 20 korban selamat kini harus berjuang karena mengalami luka bakar parah.

Menurut beberapa pejabat negara, pabrik itu dikelola oleh NTPC di negara bagian Uttar Pradesh. NTPC sendiri merupakan produsen listrik tertinggi di India. Situs NTPC menyebutkan, pabrik itu memasok listrik untuk sembilan negara bagian. Meski mengalami ledakan, perusahaan menjamin tak akan terjadi pemadaman listrik karena fasilitas lain akan memasok kekurangan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,