Jalur Tanjungsari - Rancakalong Putus, Genangan Meninggi

Jalur Tanjungsari - Rancakalong Putus, Genangan Meninggi

Genangan di Kampung Cibawang Desa Sukasirna Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang memutus jalu jalan provinsi Sumedang - Subang, Rabu 8 November 2017. (foto - Twitter)

Sumedang - Banjir yang menggenangi  jalan provinsi di jalur Sumedang - Subang melalui Rancakalong semakin tinggi, hingga mencapai 50 cm di sepanjang sekitar 100 meter. Kondisi itu memutus jalur Tanjungsari - Rancakalong, tepatnya di Kampung Cibawang Desa Sukasirna Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang, Rabu (8/11/2017).

Berdasarkan keterangan warga Rancakalong, ketinggian banjir bervariasi karena kontur tanah yang tidak sama. Di jembatan misalnya, ketinggian air sudah mencapai 1,5 meter. Di dekat sungai mencapai tujuh hingga sepuluh meter, sehingga sangat berbahaya.

Sementara di rumah yang terdampak banjir, air sudah semakin tinggi. Bahkan halaman depan yang sebelumnya belum tergenang kini terendam. "Di ruangan belakang air asalnya satu meter, sekarang sudah naik lagi menjadi satu setengah meter," ungkap sejumlah warga.

Warga berharap, ada perhatian dari pemerintah terkait banjir yang menggenang rumah dan pabrik penggilingan padi. Banjir yang memutus Jalan Rancakalong terjadi sejak Selasa 7 November, air mulai menggenang sekitar pukul 13.00 WIB. Banjir akibat disposal atau pembuangan tanah dari proyek Tol Cisumdawu hingga menghambat aliran sungai.

Tingginya genangan praktis kendaraan tak bisa melintas hingga dialihkan ke Panenjoan Desa Pasirbiru Rancakalong - Sembungrugul - Cibawang sejauh 4 km dengan kondisi sempit, yang hanya bisa dilalui satu kendaraan.

Untuk membantu melancarkan arus lalu lintas, Tagana Kabupten Sumedang menyiagakan perahu karet untuk membantu warga yang melintas. Aliran Sungai Cibawang meluap menyusul tersumbat akibat urugan disposal proyek tol di blok Cikuray Desa Sirnarasa Rancakalong.

Aliran sungai yang terbuka tersebut tertutup gorong-gorong sepanjang lebih dari 100 meter. Pemasangan gorong-gorong dilakukan karena aliran sungai terkena longsoran disposal. Namun gorong-gorong tersumbat sehingga air meluap. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,