Wilayah Rancasari Terendam Banjir Akibat Tanggul Jebol

Wilayah Rancasari Terendam Banjir Akibat Tanggul Jebol

Banjir yang merendam wilayah Rancasari. (foto - ist)

Bandung - Tanggul penahan air yang berada di RT 05/06 Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Rancasari jebol, setelah wilayah itu terus menerus diguyur hujan deras. Akibatnya, sebanyak 1.550 warga yang tinggal di kawasan itu terendam banjir hingga ketinggian 1,5 meter.
 
Menurut Walikota Bandung Ridwan Kamil, pihaknya sudah memerintahkan agar tanggul jebol tersebut diperbaiki terlebih dahulu. Ia pun, berencana akan meninjau lokasi banjir tersebut. "Nanti, saya meninjau ke lokasi secepatnya," katanya kepada wartawan, Jumat (17/11/2017).

Untuk menyelasaikan masalah banjir di Kota Bandung, lanjut Emil Pemkot Bandung sedang mengerjakan proyek pembangunan basement di Pagarsih. Begitu juga dengan Pasteur yang sudah beres dengan anggaran dari pusat.

Selain itu, ada pembangunan Gedebage yang mengantisipasi banjir dengan membelokkan air lewat tol air. Proyek lainnya, di Sarimas dengan membuat danau yang sedang berproses. "Tinggal yang di Gedebage merupakan proyek jangka panjang, tinggal membebaskan lahan untuk membuat danau raksasa," katanya.

Intinya, tegas Emil, Pemkot Bandung tak akan pernah berhenti untuk memperbaiki masalah banjir. Namun, urusan air dari gunung juga harus dibereskan dulu wadahnya, karena belum ada kebijakan yang melindungi. Masalah banjir ini, memang multidimensi. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,