Desa Neglasari Longsor, Garut-Pameungpeuk Terputus

Desa Neglasari Longsor, Garut-Pameungpeuk Terputus

Desa Neglasari Longsor, Garut-Pameungpeuk Terputus

Garut - Longsor terjadi di Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, yang menyebabkan jalur Garut Kota menuju Pameungpeuk terputus akibat tertutup material longsor, Rabu (19/11/2014). 

 Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kabupaten Garut Dik Dik Hendrajaya, longsor terjadi sekitar pukul 19.30 WIB, yang diduga akibat hujan lebat yang turun di wilayah Cisompet hingga menyebabkan longsoran di jalan provinsi tersebut.

 

Berdasarkan pantauan CikalNews.com, material longsoran menutup badan jalan hingga  sepanjang 35 meter dan tinggi 1,5 meter. Untuk membersihkannya, dibutuhkan kendaraan alat berat seperti ekskavator dan buldozer.

 

"Arus lalu lintas menuju Pameungpeuk dari Garutkota atau sebaliknya, harus melewati jalur memutar ke Bungbulang. Tidak ada jalur alternatif yang kondisinya baik di sekitar longsoran," ungkap Dik Dik, Rabu (19/11).

 

Dia , pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Binamarga Kabupaten Garut untuk penangganan lebih lanjut. Sementara warga setempat membersihkan material longsor secara manual. 

 

Kepada seluruh warga diimbau untuk berhati-hati saat berkendara di kawasan selatan di Kabupaten Garut, terutama saat hujan turun. Kawasan selatan Garut terkenal memiliki kontur tanah yang sangat labil dan rawan longsor. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bencana,