Lima KA Tertahan Dampak Rel di Porong Terendam Banjir

Lima KA Tertahan Dampak Rel di Porong Terendam Banjir

Banjir merendam rel kereta antara Stasiun Tanggulangin - Porong Km 32.00 hingga 32.30. (foto - ist)

Sidoarjo - Sedikitnya lima perjalanan kereta api tertahan, menyusul banjir di kawasan Jalan Raya Porong lama yang juga merendam ke jalur rel kereta api (KA). Ketinggian air di jalur antara Stasiun Tanggulangin - Porong Km 32.00 - 32.30 meningkat hingga 10 cm.
 
Menurut Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko, banjir tersebut menggenangi rel kereta sepanjang 300 meter, sehingga sejulah perjalanan kereta tertahan. "Ada kereta yang tertahan di stasiun karena tidak bisa melanjutkan perjalanan. Tiga kereta penumpang dan dua kereta barang," katanya, Minggu (26/11/2017).

Ia menjelaskan, Kereta Api Mutiara Timur dan dua kereta barang tertahan di Stasiun Bangil. Sementara Kereta Api Bima tertahan di Stasiun Sukorejo, dan Kereta Sri Tanjung tertahan di Stasiun Porong. "Ketinggian air naik hingga 10 cm dari cop rel, sehingga seluruh kereta yang akan melintas di rel Porong diberhentikan," tegas Gatut.

Apabila ketinggian air turun petugas yang memantau kondisi rel yang tergenang akan melaporkan secepatnya. "Selain pemantauan terus menerus, petugas juga melakukan peninggian jalur rel kereta api dengan estimasi 10 cm," katanya.

Sementara itu, Humas Pusat Penanggulanagan Lumpur (PPLS) Sidoarjo Hengky Listria Adi mengatakan, pihaknya akan menggoptimalkan pompa yang telah disiapakan di tiga titik.
 
"Ada 8 pompa dioptimalkan. Yakni, di exit tol dua pompa, di entrance tol tiga pompa dan di titik 71 ada tiga pompa. Sementara untuk air dibuang ke Kali Ketapang," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,