Densus 88 Gerebek Rumah Terduga Teroris di Malang

Densus 88 Gerebek Rumah Terduga Teroris di Malang

Penggerebekan rumah terduga teroris di Jalan Yulius Usman Kelurahan Kasin Kecamatan Klojen Kota Malang. (foto - ist)

Malang - Densus 88 kembali menggerebek salah satu rumah terduga teroris di Jalan Yulius Usman Kelurahan Kasin Kecamatan Klojen Kota Malang, Sabtu (9/12/2017).
 
Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri menyatakan, dari penggerebakan itu Densus mengamankan terduga teroris atas nama Kiki Rizky alias Rizky Al Baiti alias Kiki alias Abu Ukasah, yang merupakan kelompok Jaringan Abu Jandal. Ia bergabung dengan ISIS di Suriah sebagai FTF dan sudah mengikuti Tadrib Askari dan Ribath.
 
"Terduga teroris itu langsung diamankan di Mako Brimob Ampeldento untuk diinterogasi," katanya. Kiki Rizky sempat berangkat ke Suriah sekitar tahun 2013. Ia berangkat dari Malang bersama dengan Abdul Hakim. 
 
Ia lalu bertemu dengan rombongan yang lain di Jakarta, salah satunya Salim Mubarok alias Abu Jandal dan beberapa orang lainnya. "Ia ke Suriah melalui Turki, sempat transit di Singapura. Dari Turki ke Suriah ia menempuh jalur darat," tegas Asfuri.
 
Keberangkatannya ke Suriah dibiayai oleh Helmi, yang beralamat di Jalan Megamendung Kota Malang dan diberikan biaya sebesar Rp 1 juta yang diserahkan ke keluarga Kiki. "Dari penuturannya, ia pernah bertemu dengan Salim Mubarak alias Abu Jandal saat mengikuti kajian agama yang dibawakan Ustad Andry Kurniawan di Masjid Al Ghifary di Soekarno-Hatta. Di situ ia ditawari berangkat ke Suriah," katanya.
 
Dari pelaku, petugas mengamankan sejumlah barang bukti, yakni 1 unit sepeda motor Yamaha Mio GT warna biru-putih dengan nomor polisi N 4018 HX, uang senilai Rp 65 ribu, bukti transfer penjualan belanja online senilai Rp 155 ribu pada 2 Oktober 2017, sejumlah kartu ATM dan kartu identitas. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,