Cuaca Buruk, Transportasi Sejumlah Negara Eropa Lumpuh

Cuaca Buruk, Transportasi Sejumlah Negara Eropa Lumpuh

Lalu lintas di A3 towards utara dekat Duesseldorf Jerman lumpuh akibat terjangan salju tebal, Minggu 10 Desember 2017 waktu setempat. (foto - AFP)

LondonTransportasi di Inggris lumpuh  menyusul badai salju tebal menerjang sejumlah negara kawasan Eropa,  Minggu malam waktu setempat. Ratusan penerbangan pun tertahan di bandara Inggris dan Jerman.
 
Seperti dilansir AFP, Senin (11/112/2-17) sedikitnya 330 penerbangan di Jerman dibatalkan pada pukul 17.00 waktu setempat, setelah hujan salju lebat dan temperatur udara di titik nol menerjang wilayah sekitar Frankfurt.
 
Bandara terbesar Jerman dan pusat maskapai penerbangan Lufthansa itu harus menjadwal ulang sebanyak 1.260 penerbangan. Sedangkan Bandara Duesseldorf juga tutup selama empat jam pada siang harinya.
 
Sementara itu, perjalanan kereta api tertunda hingga dialihkan atau dibatalkan di jalur pelintasan bagian barat North Rhine-Westphalia utara. Di Inggris, Bandara Birmingham juga menunda seluruh penerbangan pada Minggu pagi, karena landasan pacu harus dibersihkan dari salju yang lebat.
 
Bandara tersebut biasanya menangani sekitar 30.000 penumpang dan 200 penerbangan setiap hari selama Desember. Bandara Luton London menutup landasan pacunya selama dua jam, sebelum kembali beroperasi pada pukul 11.30 waktu setempat.
 
Sedangkan di Perancis, sebuah feri yang mengangkut lebih dari 300 orang kandas akibat angin kencang di Calais, yang mengganggu lalu lintas di salah satu pelabuhan penumpang tersibuk di Eropa.
 
Dilaporkan, sejauh ini tak ada korban yang mengalami luka-luka. Setelah terdampar selama beberapa jam, korban pun dapat dievakuasi. Lima kapal tunda dikerahkan dalam operasi itu karena angin yang berkecepatan hingga 110 km per jam menyulitkan proses evakuasi.
 
Di wilayah Pas-de-Calais dan Nord utara Perancis, sekitar 20.000 rumah tak dapat dialiri listrik akibat angin kencang. Hujan deras juga menyebabkan penutupan dua bandara di Pulau Corsica Mediterania Perancis.
 
Sementara itu, angin kencang menyerang Portugal utara di mana seorang wanita berusia 45 tahun tewas saat sebuah pohon jatuh di atas mobilnya, di dekat Kota Porto. Badan prakiraan cuaca setempat memperkirakan, angin berkecepatan 130 km per jam bertahan di daerah itu hingga Senin. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,