Gunung Sinabung Kembali Meletus Luncurkan Awan Panas

Gunung Sinabung Kembali Meletus Luncurkan Awan Panas

Gunung Sinabung kembali meletus luncurkan awan panas 4.600 meter ke arah Selatan-Tenggara. (foto - BNPB)

Karo - Gunung Sinabung Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara kembali meletus. Letusan disertai luncuran awan panas, dengan jarak luncur 3.500 meter ke arah Tenggara-Timur dan 4.600 meter ke arah Selatan-Tenggara, Rabu (27/12/2017) sekitar pukul 15.36 WIB.

Berdasrkan informasi dari Pengamatan Gunung Sinabung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan, dari puncak kawah keluar asap disertai abu vulkanik kelabu hitam dengan tekanan sedang hingga kuat.

Hujan abu vulkanik pun jatuh di sejumlah desa uramanya di sekitar Gunung Sinabung dan menyebar di beberapa tempat. Antara lain Desa Sukanalu, Kota Tonggal, Kuta Tengah, Gamber dan beberapa desa lain. Tidak ada korban jiwa dan tidak ada kepanikan warga akibat letusan itu.

PVMBG merekomendasikan masyarakat dan pengunjung tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 kilometer dari puncak. Selain itu, dalam jarak 7 kilometer untuk sektor Selatan - Tenggara, jarak 6 km untuk sektor Tenggara-Timur, serta jarak 4 km untuk sektor Utara dan Timur.

Sejauh ini, Gunung Sinabung masih dalam Status Awas (Level 4), yang diberlakukan sejak 2 Juni 2015 karena aktivitas vulkanis tetap tinggi. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,