Bandung Raih Penghargaan Clean Tourist City di Chiang Mai

Bandung Raih Penghargaan Clean Tourist City di Chiang Mai

Bandung Raih Penghargaan 'Clean Tourist City' di Chiang Mai. (foto - Instagram)

Bandung - Kota Bandung kembali  meraih prestasi lewat penghargaan "Clean Tourist City" pada ASEAN Tourism Awards 2018 yang digelar di Chiang Mai Thailand, Jumat 26 Januari 2018.
 
Penilaian dalam ajang penghargaan tingkat ASEAN itu sudah dilaksanakan sejak pertengahan 2017 oleh Kementerian Pariwisata. Hasil penilaian itu lalu dikirim ke ASEAN Tourism Forum, untuk kembali dinilai bersama daerah di negara ASEAN lainnya.
 
Selain Kota Bandung, Surabaya dan Banyuwangi pun ikut dalam kontestasi tersebut. Kepala Dinas Kebudayaan dan Periwisata Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari menyampaikan terdapat empat kawasan yang menjadi penilaian untuk Clean Tourist City.
 
"Empat kawasan itu, yakni pariwisata pendidikan sejarah, kuliner kreatif, warisan budaya serta pariwisata taman kota. Penilaian juga termasuk fisik dan non-fisik. Misalnya trotoar, tong sampah, sign (rambu), sosialisasi lewat leaflet, papan pengumuman termasuk peraturan daerah," sebut Kenny, Senin (29/1/2018).
 
Banyak bermunculannya destinasi wisata baru di Kota Bandung dan perbaikan beberapa fasilitas publik, dianggap menambah penilaian baik untuk Kota Bandung hingga layak mendapatkan penghargaan ini.
 
Menurut Kenny, prestasi itu tidak terlepas dari kerja sama berbagai pihak termasuk masyarakat dan dinas terkait. Ia berharap, penghargaan itu dapat menunjang peningkatan jumlah wisatawan ke Bandung, dengan target 7,5 juta pengunjung setiap tahun.
 
"Penghargaan itu menjadi media promosi pariwisata Kota Bandung, kita akan lebih banyak lagi berkoordinasi dengan warga dan stakeholder lainnya untuk mempertahankan penghargaan. Diharapkan, peningkatan kunjungan wisatawan makin banyak, karena ASEAN merupakan pasar kunjungan paling banyak ke Kota Bandung," katanya.
 
Pada sisi lain, Disbudpar Kota Bandung akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan melakukan pembinaan terhadap pengelola wisata. "Terima kasih untuk warga Kota Bandung, ini hasil dari kerja keras bersama," tambah Kenny. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,