Tercebur ke Sumur Sedalam 15 Meter, Nenek Iyah Selamat

Tercebur ke Sumur Sedalam 15 Meter, Nenek Iyah Selamat

DKPB Kota Bandung menurunkan dua unit penyelamat dibantu satu unit ambulans dari PMI untuk menyelamatkan Nenek Iyah. (foto - Diskar PB Kota Bandung)

Bandung - Nenek Iyah (75) harus dilarikan ke rumah sakit setelah tercebur ke sumur sedalam 15 meter. Peristiwa yang menimpa warga Jalan Pasir Impun Gang Supratman No. 23 Kelurahan Karang Pamulang Kecamatan Mandala Jati Kota Bandung itu terjadi, Jumat (9/2/2018) dinihari sekitar pukul 04.50 WIB.

Korban harus mendapatkan tindakan lanjutan karena mengalami luka sobek di bagian kepala, kening sebelah kanan serta memar pada tangan kanan, akibat benturan dan hipotermia.

Berdasarkan keterangan dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung menyebutkan, diduga korban terpeleset hingga masuk ke dalam sumur saat hendak berwudhu untuk melaksanakan salat Subuh. "Tim DKPB menurunkan dua unit penyelamat dan dibantu satu unit ambulans dari PMI," sebut Kepala DKPB Kota Bandung, Ferdy Ligaswara.

Berkat laporan cepat pihak keluarga, Tim Damkar segera meluncur ke lokasi dengan menurunkan 2 unit penyelamat  dan 1 unit ambulance. Sesampainya di rumah korban, tim melakukan koordinasi dengan pihak keluarga dan warga setempat, untuk melakukan penyelamatan atau evakuasi.

Penanganan dan evakuasi korban dilakukan dengan cara hauling system. Adapun peralatan yang digunakan, yaitu block and tackle, tripod, carabineur, harness, sling dan ascender. Korban pun berhasil diselamatkan dalam kondisi mengalami luka-luka dan hipotermia.

Menurut Ferdy, hauling adalah teknik penyelamatan vertikal yang dilakukan dengan cara memindahkan objek atau korban dari posisinya ke titik atau tempat yang lebih tinggi. Proses pemindahan itu dilakukan dengan menggunakan sistem (hauling system), sebagai upaya mengurangi berat objek atau korban saat dilakukan penarikkan ke atas. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,