Empat Desa di Kendal Terendam Akibat Luapan Sungai Aji

Empat Desa di Kendal Terendam Akibat Luapan Sungai Aji

Banjir merendam empat desa di Kecamatan Kaliwungu dan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal Jawa Tengah. (foto - @Sutopo_PN)

Kendal - Sedikitnya empat desa yang berada di Kecamatan Kaliwungu dan Kaliwungu Selatan di Kabupaten Kendal Jawa Tengah, terendam banjir. Banjir tersebut diakibatkan meluapnya Sungai Aji, yang menyebabkan 13 rumah warga mengalami rusak berat.

Banjir yang cukup parah terjadi di Desa Protomulyo Desa Magelung, dengan tinggi air di wilayah itu mencapai lebih dari 2 meter. Sedangkan di Desa Panggangayom dan Kutoarjo, tinggi air mencapai 50 sentimeter. Danramil Kaliwungu Kapten Inf Widodo Hendrarjo menyatakan, banjir akibat sungai yang melintas di empat desa itu meluap karena debit air meninggi sejak hujan deras.

"Sedikitnya ada empat desa yang terendam banjir. Dua desa di antaranya mengalami banjir cukup parah dengan ketinggian air lebih dari dua meter," katanya, Jumat (9/2/2018) malam.

Selain air masuk ke rumah warga, banjir juga mengakibatkan 13 rumah milik warga di Desa Protomulyo dan Magelung mengalami rusak berat. Sejauh ini, pihaknya bersama BPBD beserta warga setempat sedang melakukan evakuasi.

"Kami masih di lapangan untuk mengecek kondisi dan melakukan pendataan. Untuk pemilik rumah yang rusak berat (roboh) sementara mengungsi di rumah kerabatnya," katanya. Selain rumah rusak, sejumlah peternakan dan jalan raya pun terendam air. "Untuk detailnya masih dalam pendataan," tegasnya.

Kapolsek Kaliwungu AKP Nanung Nugroho menambahkan, pihaknya menerjunkan personel untuk membantu mengevakuasi korban. Selain itu, untuk mengatur lalu lintas karena jalan tergenang air. "Untuk air sudah surut, tapi petugas masih membantu mengevakuasi korban dan mengatur lalu lintas," sebutnya.

Sementara itu, banjir juga menggenangi jalur Pantura Kaliwungu Kabupaten Kendal, akibat luapan Sungai Aji. Akibatnya banyak kendaraan yang tidak berani melintas. Air di jalur itu terus meninggi dan membuat pengguna jalan terutama pemotor berbalik arah mencari jalan lain. Namun, ada yang berusaha menerjang dan langsung mogok.

Menurut sejumlah warga Krajan Kulon Kaliwungu Kendal, genangan tersebut merupakan dampak dari meluapnya Sungai Aji. Sejak pukul 20.00 WIB ketinggian air sudah mencapai lutut orang dewasa. "Sungai Aji meluap, ini sampai ke dekat rel," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,