10 Rumah dan Peninggalan Raja Mandailing Hangus Terbakar

10 Rumah dan Peninggalan Raja Mandailing Hangus Terbakar

Kebakaran rumah peningalan Raja Mandailing, Bagas Godang di Kelurahan Simpang Gambir Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. (foto - ist)

Madina - Rumah peningalan salah satu Raja Mandailing, Bagas Godang yang berada di Kelurahan Simpang Gambir Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara ludes terbakar, Senin (19/2/2018).

Menurut penuturan Ucok Nasution, salah seorang warga setempat, kebakaran berasal dari salah satu rumah warga di sekitar Bagas Godang, lalu merembet ke sejumlah rumah warga lainnya. "Bagas godang terbuat dari kayu sehingga api cepat membesar. Kami warga sekitar panik melihat begitu cepatnya api membesar hingga membuat kewalahan untuk memadamkannya," katanya.

Kapolsek Lingga Bayu, Kompol M. Nuriaman menyatakan, kebakaran menghanguskan 11 unit rumah satu di antaranya adalah Bagas Godang Simpang Gambir. "Bagas Godang yang terbuat dari kayu dan berukuran 39 x 20meter dan 10 unit rumah warga lainnya yang permanen dan tidak permanen hangus di lahap si jago merah," katanya.

"Pukul 17.15 WIB datang bantuan alat berat ekskavator memadamkan api dengan cara merubuhkan bangunan yang sudah terbakar agar tidak menjalar ke rumah lain. Pukul 17.20 WIB personel Polsek Lingga Bayu membawa Mesin Karhutla untuk memadamkan api dengan dibantu masyarakat," lanjutnya.

"Pada pukul 17.45 WIB datang Mobil Dinas Kebakaran Natal untuk memadamkan Api dengan dibantu masyarakat. Dan pada pukul 18.15 WIB api berhasil dipadamkan". Penyebab kebakaran belum diketahui masih dalam penyelidikan. Kerugian materi diduga sekitar Rp 750 juta dan tidak adakorban jiwa. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,