Akhiri Kutukan, Messi Bawa Barcelona Imbangi Chelsea

Akhiri Kutukan, Messi Bawa Barcelona Imbangi Chelsea

Lionel Messi menjaringkan bola ke gawang Chelsea menit 75 dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stamford Bridge, Rabu 21 Februari 2018 dinihari WIB. (foto - Getty Images)

London -­ Satu gol Lionel Messi sukses membawa Barcelona menahan imbang 1­-1 Chelsea pada leg pertama babak 16 Besar Liga Champions di Stamford Bridge, Rabu (21/2/2018) dinihari WIB. Gol itu sebagai yang pertama pemain berjuluk La Pulga ke gawang Chelsea, dari sembilan laga yang sudah dilakoni.

Sebagai tim tamu tak membuat Barca canggung untuk menguasai jalannya pertandingan. Statistik babak pertama mencatat,  Blaugrana  berhasil menguasai 70 persen bola yang bergulir berbanding 30 persen. Meski begitu, Messi dkk kesulitan untuk merangsek ke area pertahanan tuan rumah, karena ketatnya lini belakang yang dibangun pemain The Blues.

Barca pun terus mencoba membangun serangan dari sayap lapangan. Beberapa kali Messi melakukan akselerasi dari pinggir lapangan, yang diakhiri dengan umpan ke mulut gawang. Namun, sayang usahanya masih bisa digagalkan para pemain bertahan Chelsea.

Chelsea justru mampu mencuri peluang lewat skema serangan balik. Willian berhasil melayangkan tendangan pisang dari luar kotak penalti. Belum beruntung, sepakannya hanya membentur tiang gawang Barca. Skor imbang tanpa gol pun bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Chelsea akhirnya berhasil memecah kebuntuan menit ­62. Sepakan keras Willian dari luar kotak penalti berhasil mengoyak gawang Barca yang dijaga Marc Andre ter Stegen.

Tertinggal satu gol membuat Barca meningkatkan intensitas serangan. Usaha mereka berbuah manis pada menit 75. Berawal dari kelengahan bek The Blues, gelandang Barca Andres Iniesta mampu mencuri bola dan memberikan umpan yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Messi.

Pelatih Chelsea Antonio Conte menurunkan Alavaro Morata untuk menggantikan Pedro Rodriguez pada menit ­83 untuk menambahkan keunggulan. Namun, sayang usahanya tak membuahkan hasil. Skor imbang pun bertahan hingga peluit akhir pertandingan. (Jr.)**

Susunan pemain:

Chelsea: 
Courtois; Azpilicueta, Christensen, Ruediger; Moses, Fabregas (Drinkwater 84’), Kante, Alonso; Willian, Pedro (Morata 83’); Hazard

Barcelona: 
Ter Stegen; Roberto, Pique, Umtiti, Alba; Paulinho (Vidal 63’), Rakitic, Busquets, Iniesta (Gomes 90’); Messi, Luis Suarez.

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,