Perjalanan 130 Kereta Lumpuh Akibat Jalur Terendam Banjir

Perjalanan 130 Kereta Lumpuh Akibat Jalur Terendam Banjir

Jalur kereta api antara Stasiun Ketanggungan Kabupaten Breber - Stasiun Ciledug Kabupaten Cirebon di Km 252+5/7 terendam banjir Jumat 23 Februari 2018. (foto - ist)

Cirebon - Sedikitnya perjalanan 130 kereta api (KA) terancam tidak bisa melintas sehubungan jalur lintas utara maupun lintas selatan dari arah Cirebon - Jawa Timur terendam banjir. Perjalanan seluruh kereta api itu pun terhenti mulai pukul 11.30 WIB. Bahkan, sebagian kereta harus berhenti luar biasa di sejumlah stasiun.

"Jumlah kereta yang melintas di jalur selatan ada 46, sedangkan di jalur utara sebanyak 84 kereta," kata Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro di Stasiun Cirebon Jalan Inspeksi, Jumat (23/2/2018).

Menurutnya, termasuk 4 rangkaian kereta api yang sebelumnya dialihkan dari jalur lintas selatan ke lintas utara. Bahkan, ketinggian air di jalur lintas utara antara Stasiun Tanjung Kabupaten Brebes - Stasiun Losari Kabupaten Cirebon mencapai 40 cm di atas kop rel petak jalan, tepatnya di KM 185+5 - 186+6.

Sementara itu, sejulah KA pun mengalami keterlambatan akibat banjir tersebut. Antara lain KA Argo Bromo Anggrek, Argo Muria, Ciremai Ekspres, Menoreh dan KA Argo Bromo, rata-rata keterlambatan mencapai dua jam lebih.

Menurut salah seorang anggota Radio Antarpenduduk Indonesia (RAPI) Kota Tegal, Novyanto, banjir yang melanda Kota Tegal tahun ini termasuk parah. Banjir antara lain merendam Krandon, Kalinyamat, Sumur Panggang dan Margadana.

Ratusan penumpang KA pun menumpuk di Stasiun Besar Kejaksan Kota Cirebon Jawa Barat. Calon penumpang tujuan Jakarta harus menunggu lebih lama setalah jalur KA terendam banjir di Kelurahan Krandon Kota Tegal.

Menurut sejumlah penumpang, mereka sudah menunggu kedatangan KA lebih dari satu jam. "Informasinya, kereta terlambat karena ada rel yang terendam banjir di Brebes,” katanya.

Wakil Kepala Stasiun Kejaksan, Aang mengatakan banjir yang menggenangi perlintasan KA mengakibatkan perjalanan sejumlah KA terganggu. Saat ini petugas PT KAI Daops 3 Cirebon tengah memperbaiki jalur KA yang rusak akibat banjir.

"Untuk sementara ini perjalanan kereta api di utara dialihkan ke jalur selatan, mengingat proses perbaikan jalur kereta akan memakan waktu yang cukup lama,” katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,