Suhu Anjlok, Salju Tebal Lumpuhkan Sejumlah Kota di Eropa

Suhu Anjlok, Salju Tebal Lumpuhkan Sejumlah Kota di Eropa

Air di Sungai Denube di bawah Jembatan Szabadsag di Budape Hungaria membeku. (foto - Associated Press)

Bucharest - Sedikitnya dua orang  ditemukan tewas di Rumania ketika salju turun  dengan lebat akibat anjloknya suhu udara terjadi di seantero Eropa. Kondisi itu pun membuat banyak penerbangan dibatalkan, jalanan dan jalur kereta api terganggu dan sekolah ditutup.
 
Berdasarkan informasi dari sistem ramalan cuaca Siberia menyebutkan, fenomena cuaca ini sebagai "Hewan Buas dari Timur" (Beast from the East) yang membawa suhu terdingin di banyak wilayah Eropa selama bertahun-tahun. Cuaca beku itu diperkirakan akan berlanjut sepanjang pekan.
 
Seperti dilansir Reuters, Rabu (28/2/2018) seorang wanita berusia 83 tahun dari Adancata Rumania Selatan ditemukan tak sadarkan diri di salju, dan meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Sementara seorang pria berusia 65 tahun ditemukan tewas di wilayah timur Suceava.
 
Bagian dari jalan raya yang menghubungkan ibukota Bucharest dengan Constanta dan puluhan jalan lainnya ditutup karena salju. Lebih dari 80 perjalanan kereta api dan 15 penerbangan dibatalkan. Pelabuhan Laut Hitam Rumania juga ditutup karena kondisi cuaca ini.
 
Hujan salju setebal 182 cm yang melumpuhkan Kota Delnice di Kroasia utara, dan dinas penyelamat membutuhkan waktu beberapa jam untuk mengevakuasi penduduk di desa dekat Mrzle Vodice. Suhu mencapai tingkat terendah -20 derajat Celcius di Zavizan di gunung Velebit.
 
Sekolah ditutup di Bucharest di sepuluh wilayah di Rumania dan di barat dan tengah Kroasia. Atap puluhan rumah roboh tak kuat menahan beban salju di Unsko-Sanski di Bosnia barat laut.
 
Sementara itu, kantor berita pemerintah, RTCG TV melaporkan, bandara utama Golubovci di Montenegro ditutup selama beberapa jam. Badai salju yang langka di Roma memaksa pihak berwenang Italia untuk memanggil tentara untuk membantu membersihkan jalanan. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,