Ikan Paus Raksasa Terdampar di Perairan Jangkar Situbondo

Ikan Paus Raksasa Terdampar di Perairan Jangkar Situbondo

Sejumlah warga penasaran ingin melihat ikan paus terdampar dari dekat. (foto - ist)

Situbondo - Ikan paus berukuran raksasa terdampar di perairan Jangkar Situbondo.  Ikan paus sepanjang  25 meter tersebut terdampar sekitar 100 meter dari bibir pantai, Jumat (2/3/2018).
 
Sejauh ini, belum diketahui penyebab ikan paus tersebut terdampar sampai hampir di bibir pantai. Keberadaan paus kontan menjadi tontonan gratis warga sekitar. Warga dan nelayan berusaha menarik ikan paus itu ke tengah laut dengan menggunakan perahu.
 
Kapolsek Jangkar Iptu Pramana menyatakan, saat ini masih dilakukan proses penyelamatan dengan cara menarik ikan paus tersebut ke tengah laut. "Semoga ikan paus itu selamat, dan bisa kembali ke laut,” katanya.
 
Penyelamatan paus itu dilakukan Polair Polres Situbondo dan TNI. Menurut penuturan warga pesisir Jangkar, paus bungkuk tersebut ditemukan oleh warga yang akan melaut pada pagi hari. Diduga anak paus bungkuk tersebut terdampar saat mencari makanan dan terjebak oleh air surut.
 
"Warga nelayan sejak pagi mencoba melakukan proses evakuasi dengan menggiring ikan itu ke perairan yang lebih dalam, namun tidak berhasil. Semoga dengan bantuan polisi laut, TNI dan unsur lainnya, ikan raksasa itu bisa cepat kembali ke lautan.
 
Sementara itu, Kasatpolair Polres Situbondo AKP Lukman Hadi mengatakan, proses evakuasi mengalami kendala karena air laut sedang surut. Pihaknya juga sudah meminta bantuan dari berbagai pihak mengingat paus bungkuk salah satu jenis ikan yang dilindungi.
 
Di pinggir pantai ratusan orang berkerumun menyaksikan penyelamatan ikan raksasa itu, termasuk warga luar Jangkar. Sebagian warga penasaran dengan bentuk maupun ukuran dari ikan terdampar yang secara cepat menyebar melalui media sosial
 
Bahkan, sebagian warga nelayan Jangkar menyewakan perahu mereka untuk ditumpangi bagi warga yang penasaran dan ingin melihat dari dekat ikan paus tersebut. "Mumpung tangkapan ikan lagi sepi, saya sewakan saja dengan tarif Rp 5 ribu tiap orang," kata nelayan setempat. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,