Siswi SMK Itu Sudah Bisa 'Jual' Anak di Bawah Umur

Siswi SMK Itu Sudah Bisa 'Jual' Anak di Bawah Umur

Siswi SMK di Kabupaten Bandung Barat diperiksa terkait kasus prostitusi. (foto - ist)

Cimahi - Aparat Satuan Reserse Kriminal Polres Cimahi menangkap seorang siswi SMK di Kabupaten Bandung Barat, lantaran terlibat kasus perdagangan orang (trafficking). Diduga, ia menjadi mucikari menjalani praktik perdagangan anak di bawah umur untuk dijadikan pekerja seks komersial (PSK).

Tersangka berinisial MR berusia 17 tahun, saat ini duduk di bangku kelas 3 SMK. Ia mengaku baru pertamakali melancarkan modus operandi itu. Kasat Reskrim Polres Cimahi AKP Niko N. Adi Putra menyebutkan, personelnya mengamankan dan menetapkan satu tersangka yang terlibat dalam kasus trafficking.

"Ia kami tahan terkait kasus trafficking atau tindak pidana pemberantasan perdagangan orang, sesuai Undang-undang nomor 21 tahun 2007. Ancamannya bisa 15 tahun," katanya di Mapolres Cimahi Jalan Jenderal Amir Mahmud Kota Cimahi, Jumat (2/3/2018).

Modusnya bertindak sebagai mucikari. Tersangka MR memberikan layanan prostitusi dan siap mengantar PSK yang masih di bawah umur kepada para pelanggan, yang berasal dari sejumlah kalangan yang sudah mengetahui kegiatan itu.

Menurut Niko, saksi korban yang sudah diperiksa itu masing-masing berinisial DK (15), SR (15) dan KB (17). "Penyidik juga sedang meminta keterangan dari 3 orang saksi dan kemungkinan saksi yang diperiksa juga akan berkembang," tegasnya.

Dalam membedakan kelas pelanggan, tersangka menggunakan beberapa handphone, dari kaum muda maupun dewasa. Korban atau saksi yang diperdagangkan oleh tersangka ada yang merupakan teman di media sosial, dan ada pula adik kelas di sekolah. "Kasus itu masih kita kembangkan," katanya.

Tersangka MR mengaku baru pertamakali menjadi mucikari karena tergiur iming-iming uang. "Kalau bisa menyediakan 2 orang yang muda sekaligus dibayar Rp 2 juta sama yang pesan. Nanti temen-temen ngasih ke saya Rp 500.000, kalau mereka katanya dapat honor Rp 1,5 juta," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,