Gunung Shinmoedake Meletus Penerbangan pun Terganggu

Gunung Shinmoedake Meletus Penerbangan pun Terganggu

Letusan di puncak Gunung Shinmoedake di Pulau Kyushu Jepang. (foto - Reuters)

Tokyo - Gunung Shinmoedake di Pulau Kyushu Jepang meletus melontarkan abu vulkanik setinggi ribuan meter. Gunung itu juga dikenal dengan 'James Bond' setelah digunakan sebagai lokasi syuting film 'You Only Live Twice' pada 1967.
 
Aktivitas vulkanik gunung yang terletak 985 kilometer dari Tokyo itu sudah menunjukkan peningkatan sejak 1 Maret 2018, namun letusannya tidak sebesar saat ini. Otoritas setempat pun langsung menutup pintu masuk jalur pendakian ke gunung setinggi 1.421 meter tersebut.
 
Seperti dilaporkan stasiun televisi NHK, lontaran abu valkanik membumbung setinggi 3.650 meter. Ini merupakan letusan terbesar Gunung Shinmoedake sejak 7 tahun terakhir.
 
"Gunung ini sudah meletus selama beberapa hari, tapi ini yang terkuat. Ini akan berlangsung selama beberapa saat," demikian pernyataan Badan Meteorologi Jepang, seperti dilansir Reuters.
 
Akibat letusan Gunung Shinmoedake, sedikitnya 65 penerbangan di bandara sekitar dibatalkan. Selain negara rawan gempa, Jepang juga rentan mengalami gunung meletus. Hal itu karena posisi Jepang yang dilintasi Cincin Api. 
 
Jepang memiliki 110 gunung aktif dan 47 di antaranya saat ini dalam pemantauan serius. Pada September 2014, 63 orang tewas akibat letusan Gunung Ontake. Dari jumlah korban, ini merupakan letusan paling mematikan di Jepang sejak 90 tahun terakhir. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,