Kawah Ijen Embuskan Gas Beracun, Puluhan Warga Pingsan

Kawah Ijen Embuskan Gas Beracun, Puluhan Warga Pingsan

Puskesmas Ijen tampung puluhan warga yang pingsan akibat terpapar gas Kawah Ijen. (foto - ist)

Bondowoso - Warga yang tinggal di wilayah perkebunan Margahayu dan Watucapil Kecamatan Ijen mendadak panik, terkiat puluhan warga setempat mendadak pingsan. Diduga, warga pingsan akibat menghirup gas belerang yang berasal dari Kawah Ijen.

"Sejak jam 19.00-an aroma belerang memang menyengat sangat kuat. Bisa jadi karena gas tersebut," sebut sejumlah warga, Rabu (21/3/2018) malam. Warga yang pingsan langsung dilarikan ke ke Puskesmas Ijen. Sementara ratusan warga di 2 wilayah perkebunan itu mengungsi ke beberapa desa sekitar, untuk menjauh dari Kawah Ijen.

Untuk menghindari keadaan yang lebih buruk, ratusan warga di kedua wilayah itu dievakuasi ke daerah yang dinilai lebih aman. Mereka diangkut menggunakan transportasi seadanya. Salah seorang staf medis Puskesmas Ijen, dr. Dimas membenarkan adanya warga perkebunan Margahayu dan Watucapil yang mendadak pingsan.

"Saya belum bisa memastikan penyebabnya. Namun berdasarkan keterangan warga setempat memang akibat menghirup bau belerang dari Kawah Ijen," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan puskesmas sekitar. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya korban, sedangkan Puskesmas Ijen fasilitasnya sangat terbatas.

Gunung Berapi Kawah Ijen yang terletak di Kabupaten Bondowoso mengeluarkan bau belerang menyengat (gas beracun). Diperkirakan, gas itu mengikuti aliran air.  Sementara bantuan masker dan obat-obatan terus berdatangan ke lokasi kejadian.

Baik dari pihak Puskesmas Sukosari, Puskesmas Sumberwringin maupun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,