Enen Cahyati Dimakamkan di Pemakaman Muslim Kamboja

Enen Cahyati Dimakamkan di Pemakaman Muslim Kamboja

Enen Cahyati (sebelah kanan) bersama anaknya. (foto - ist)

JakartaJenazah warga negara Indonesia  (WNI)  bernama Enen Cahyati, telah dimakamkan secara  agama Islam di Tempat Pemakaman Warga Muslim Kamboja di Kompleks Masjid al Akbar, Khleang Blek Provinsi Kandal. Kondisi jenazah sudah tak mungkin untuk dipulangkan ke Indonesia.
 
"Pemakaman di Kamboja dilakukan karena kondisi jenazah sudah tidak mungkin dipulangkan. Pemakaman dilakukan atas persetujuan dari keluarga di Jagakarsa Jakarta Selatan,” sebut Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal dalam keterangannya, Kamis (29/3/2018).
 
Menurutnya, Kepolisian Kamboja sudah menetapkan suami almarhumah, Bilal Abdul Fateen sebagai pelaku pembunuhan terhadap Enen Cahyati. Pria berkewarganegaraan Amerika Serikat itu diketahui masuk ke Kamboja pada 19 Maret, dan sudah meninggalkan negara itu pada 22 Maret.
 
"Hal itu sesuai dengan perkiraan kepolisian bahwa almarhumah dibunuh tiga hari sebelum jenazahnya ditemukan pada 25 Maret," tegas Muhammad Iqbal.
 
Hasil visum sementara itu menunjukkan, kematian korban disebabkan oleh kekerasan. Kepolisian Nasional Kamboja sedang menunggu laporan lengkap dari Kepolisian Phnom Penh, sebagai dasar untuk mengajukan red notice Interpol untuk tersangka Bilal Abdul Fateen. "KBRI di Phnom Penh akan terus memantau perkembangan kasus ini,” katanya.
 
Seperti diketahui, Enen Cahyati ditemukan tak bernyawa di kamar Hotel Howetown Suite pada 25 Maret. Jenazah perempuan berusia 47 tahun itu tergeletak dengan luka bekas cekikan di leher. Sementara Bilal Abdul Fateen sudah terlebih dahulu kabur dari tempat kejadian.
 
Diketahui, pria berusia 66 tahun itu memesan kamar hotel bersama Enen pada 19 Maret. Staf hotel lantas mencium bau tidak sedap dari kamar hotel, tempat pasangan kekasih itu menginap.
 
Kecurigaan bertambah karena gembok pintu kamar diganti dengan yang baru. Enen diduga telah dibunuh tiga hari sebelum jasadnya ditemukan oleh staf di kamar hotel. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,