Kepulauan Mentawai Diguncang Gempa Beruntun 8 Kali

Kepulauan Mentawai Diguncang Gempa Beruntun 8 Kali

Kepulauan Mentawai Sumbar diguncang gempa beruntun 8 kali. (BMKG)

Padang - Wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat diguncang gempa delapan kali, sejak pukul 00.16 WIB Kamis (5/4/2018). Tiga di antaranya berkekuatan di atas 4,0 pada skala Richter (SR), yang dirasa cukup kuat warga setempat.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang, Rahmat Triyono menyatakan dari hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang, gempa diakibatkan oleh aktivitas subduksi lempeng di Samudera Hindia sebelah barat Kepulauan Mentawai.

Jalur subduksi lempeng tektonik India-Australia dan Eurasia di Indonesia yang memanjang dari pantai barat Sumatera sampai ke selatan Nusa Tenggara. Pada sistem subduksi Sumatera, ditandai dengan adanya rangkaian busur pulau depan (forearch islands) yang non-vulkanik (Pulau Simeulue, Nias, Banyak, Batu, Siberut hingga Pulau Enggano).

"Lempeng India-Australia menunjang ke bawah lempeng Benua Eurasia dengan kecepatan sekitar 50 hingga 60 milimeter per tahun. Berdasarkan hasil peta guncangan menunjukkan gempa dirasakan di Pulau Siberut dan Pulau Pagai," kata Rahmat.

BMKG merekam gempa bumi pertama yang mengguncang Kepulauan Mentawai berkekuatan 4,3 SR, terjadi pukul 00.16 WIB di 101 km tenggara Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 27 km. Gempa susulan pukul 01.37 WIB di 101 km tenggara Kepulauan Mentawai kedalaman 33 km dengan kekuatan 4,5 SR. 

Terakhir, terjadi pukul 10.10 WIB di lokasi 2.28 LS dan 99.29 BT, atau 103 km Tenggara Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 20 km berkekuatan 2,9 SR. Gempa juga mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan 2,7 SR pukul 00.46 WIB. Gempa itu tidak dirasakan oleh warga. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,