2 Ekor Buaya Peliharaan Warga Diserahkan ke BKSDA Jateng

2 Ekor Buaya Peliharaan Warga Diserahkan ke BKSDA Jateng

Warga Dusun Jagan Desa Gadingan Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo serahkan buaya ke BKSDA Jateng. (foto - ist)

Sukoharjo - Buaya peliharaan sepanjang 2,2 meter dievakuasi dari rumah warga Dusun Jagan Desa Gadingan Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo, Selasa (24/4/2018).

Buaya jenis muara itu diperlihara warga sejak enam tahun lalu. Meski tergolong hewan buas, buaya yang dikandangkan seadanya di pinggir Sungai Bengawan Solo tersebut terlihat jinak.

Berdasarkan keterangan pemilik buaya, Kristanto (52) mengatakan, buaya tersebut pemberian dari salah satu teman yang tinggal di seberang Sungai Bengawan Solo. Buaya itu diberi makan ayam atau itik seminggu dua kali. Selama dalam peliharaannya, buaya itu tidak pernah mengganggu orang. 

Meski kandang hanya berupa pagar dan ditutup dengan seng, buaya peliharaannya tidak pernah lepas atau melarikan diri. "Yang namanya hewan buas, kekhawatiran memang pasti ada," katanya.

Menurutnya, sebelum dievakusi oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, pihaknya sudah berniat untuk melaporkan diri ke polisi. Hal itu muncul saat ada temuan buaya di Sungai Sasak Desa Jogobondo Kecamatan Mojolaban beberapa waktu lalu.

Selain ada kekhawatiran dari beberapa tetangga, biaya untuk merawat buaya itu pun cukup membebani, sehingga pihaknya sangat tidak keberatan untuk menyerahkan buaya tersebut ke BKSDA. "Kebetulan justru diambil. Tidak keberatan sama sekali," katanya.

Petugas Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Jateng, Agung Budi Riyanto mengatakan, buaya yang diambil dari Jagan, Gadingan Mojolaban itu buaya muara berjenis kelamin betina. Diserahkan secara sukarela oleh pemilik karena khawatir membahayakan warga, karena kandang hanya ala kadarnya dan berada di pinggir sungai. 

Selain buaya yang dipelihara di Mojolaban, BKSDA juga akan mengevakuasi buaya yang dipelihara warga Desa Kagokan Kecamatan Gatak Sukoharjo. "Dua buaya yang diserahkan pemiliknya tersebut akan dibawa ke pusat penangkaran buaya di Banyumas," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,