Kebakaran Puluhan Rumah di Cipinang dan Pondok Bambu

Kebakaran Puluhan Rumah di Cipinang dan Pondok Bambu

Kebakaran di kawasan Pondok Bambu Duren Sawit dan Cipinang Muara Jakarta Timur. (foto - @humasjakfire)

Jakarta - Kebakaran melanda kawasan Pondok Bambu Duren Sawit meluas hingga ke Cipinang Muara Jakarta Timur. Secara keseluruhan tidak kurang dari 42 rumah yang hangus terbakar di dua lokasi tersebut.

"Di wilayah Cipinang Muara ada 6 rumah tinggal dan di wilayah Pondok Bambu ada 36 rumah yang terbakar," kata Kasi Pengawas Sudin PKP Jakarta Timur Gatot Sulaiman di Jalan Basuki Rahmat Jakarta Timur, Senin (21/5/2018).

Kebakaran yang terjadi di Jalan Cipinang Muara 1 RT 07 RW 14 Cipinang Muara, sedangkan lokasi kedua di Jalan Basuki Rahmat RT 09 RW 03 Pondok Bambu Duren Sawit, pukul 11.04 WIB. Menurut Hatot, sumber kebakaran berawal dari korsleting di salah satu rumah warga di Pondok Bambu.

Bangunan yang terbakar kebanyakan rumah semipermanen dan kontrakan. Selain itu, angin yang cukup kencang mempercepat perambatan api. "Titik api awalnya di Pondok Bambu, lalu kebawa angin yang kencang merembet ke Cipinang," katanya.

Disebutkan, sedikitnya15 unit mobil pemadam kabakaran (Damkar) yang dikerahkan ke lokasi kejadian. Akibat kebakaran itu, Jalan Basuki Rahmat arah Klender ditutup untuk mempermudah petugas pemadam sekitar pukul 12.50 WIB.

Lokasi kebakaran tepat berada di pinggir Jalan Basuki Rahmat menuju Klender. Sementara arus lalu lintas Jalan Basuki Rahmat menuju Kampung Melayu hanya dibuka satu jalur. Akibatnya terjadi kemacetan panjang di ruas jalan tersebut.

Menurut Kanit Patroli Lantas Satwil Jakarta Timur AKP Budi Harsono, rekasaya lalu lintas itu sebagai dampak dari kebakaran di dua lokasi yang berdekatan tersebut. Arus lalu lintas yang menuju Klender dialihkan sementara lewat jalan arteri Kanal Banjir Timur.

"Sedangkan dari arah Kampung Melayu ditutup total hanya untuk mobil pemadam. Untuk sementara dialihkan putar balik lewat jalan arteri di Kanal Banjir Timur," tegasnya. Hingga sekitar pukul 13.00 WIB, petugas masih menyemprotkan air ke setiap sudut lokasi kebakaran. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,