Puluhan Bedeng di Cisaranten Gedebage Hangus Terbakar

Puluhan Bedeng di Cisaranten Gedebage Hangus Terbakar

Kebakaran puluhan bangunan rumah tinggal di kawasan Gedebage Kota Bandung. (foto - Polrestabes Bandung)

Bandung - Puluhan bangunan bedeng di Kampung Buana Kuda Jalan Gedebage Kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage Kota Bandung ludes terbakar, Sabtu (2/6/2018) malam sekitar pukul 19.50 WIB. Bangunan berupa bedeng itu merupakan hunian para pemulung.

"Luas area yang terbakar mencapai sekitar 6.000 meter persegi, yang dihuni oleh lebih kurang 50 kepala keluarga," kata Kepala Dina's Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Ferdi Ligaswara.

Menurut Ferdi, untuk mengendalikan kobaran api, pihaknya mengerahkan 12 unit kendaraan pancar 2 unit kendaraan penyelamat, serta 1 ambulans PMI. Pemadaman pun dilakukan bersama-sama warga setempat.

Mengenai penyebab kebakaran, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. Pendataan masih dilakukan untuk mengetahui identitas penghuni hang menjadi korban kebakaran.

Kapolrestabes Bandung Hendro Pandowo menyatakan, jumlah bangunan yang terbakar diperkirakan mencapai sekitar 40 bedeng. Bangunan yang dihuni pemulung tersebut sebagian besar terbuat dari bahan tripleks beratapkan terpal.

Mengenai asal mula kebakaran, api diduga berasal dari kompor dari salah satu bedeng. Penghuninya meninggalkan kompor untuk melaksanakan salat tarawih. Api kemudian merembet ke bangunan lainnya yang berada di sekitarnya.

Atas kejadian tersebut, jumlah kerugian materi belum bisa diperhitungkan. Saat ini, pendinginan masih dilakukan oleh tim pemadam kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,