48 Pedagang Ikan pun Dibunuh Boko Haram

48 Pedagang Ikan pun Dibunuh Boko Haram

gerilyawan ekstrimis Boko Haram.(Foto:Net)

Kano - Sedikitnya 48 pedagang ikan di dekat perbatasan Nigeria-Chad diserang dan ndibantai oleh ekstrimis Boko Haram. "Puluhan laskar Boko Haram memblokir rute yang menghubungkan Nigeria dengan Chad dekat desa nelayan Doron Baga di tepi Danau Chad Kamis, dan membunuh 48 pedagang ikan yang sedang menuju Chad untuk membeli ikan," kata Abubakar Gamandi, kepala asosiasi itu kepada AFP.

 

Gamandi menerangkan, setelah memasang barikade di Dogon Fili, 15 km dari Doron Baga di negara bagian Borno, para penyerang menghentikan konvoi pedagang ikan sekitar tengah hari. Secara diam-diam mereka membantai beberapa dari mereka, sedangkan yang lainnya ditenggelamkan ke danau.


"Orang-orang bersenjata Boko Haram menyembilih beberapa pedagan ikan dan mengikat tangan serta kaki mereka satu sama lain, sebelum mendorong mereka masuk danau hingga tenggelam," katanya.

Tidak jelas apa yang melatarbelakangi serangan mengerikan itu, apakah hanya perampokan atau ada alasan lain untuk pembunuhan itu. Seorang perwira militer di Maiduguri, sekitar 180 km dari Doron Baga, memastikan memang ada serangan di Doron Baga meski rinciannya belum jelas.

"Kami sudah mendengar soal serangan di dekat Doron Baga tetapi kami tidak mempunyai keterangan rinci soal itu, karena wilayah tersebut ada dalam yurisdiksi operasional MNJTF," katanya.

MNJTF adalah Gugus Tugas Bersama Multinasional yang terdiri dari pasukan Nigeria, Chad dan Niger, untuk memerangi Boko Haram.  MNJTF dibentuk pada 1998. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,