Indonesia dan Belanda Perkuat Kerja Sama Keamanan Siber

Indonesia dan Belanda Perkuat Kerja Sama Keamanan Siber

Menlu Belanda Stef Blok dengan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi sepakati kerja sama (foto - ist)

Jakarta - Indonesia dan Belanda yang punya kepentingan sama dalam membangun kapasitas keamanan siber menandatangani kerja sama. Kedua negara menandatangani Letter of Intent (LoI) di bidang kerja sama siber, oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Menteri Luar Negeri Belanda, disaksikan Menteri Luar Negeri RI Retno L.P Marsudi di Kementerian Luar Negeri, Selasa (3/7/2018).
 
Penandatangan LoI merupakan langkah awal dan bentuk komitmen Indonesia dan Belanda. Misalnya dalam berbagi informasi bidang hukum, kebijakan nasional dan strategi kebijakan manajemen terkait ranah siber, pertukaran sudut pandang, pengalaman, pembelajaran dan penerapan terbaik terkait ranah siber.
 
Selain itu, penguatan kapasitas dan perbantuan kelembagaan dan pengembangan teknologi di bidang keamanan siber. Melalui jaringan dan program pelatihan dan pendidikan, pertukaran kunjungan kenegaraan, analisis dan studi lapangan, seminar dan konferensi.
 
"Tantangan terhadap keamanan siber telah berkembang dinamis menjadi lebih kompleks dan bersifat global. Keamanan siber kini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam usaha melindungi ekonomi dan keamanan Indonesia".
 
"Hari ini kami menandatangani perjanjian keamanan siber. Kami juga bekerja sama dalam masalah keamanan. Indonesia telah dilanda serangan teror yang menghebohkan di Surabaya. Saya menyampaikan belasungkawa yang mendalam untuk Menlu Retno dan rakyat Indonesia," kata Menteri Luar Negeri Kerajaan Belanda Stef Blok. "Kami berdiri bahu membahu dengan Anda melawan terorisme," katanya.
 
Kerja sama yang akan dilakukan bersifat sejajar dan saling menguntungkan, Indonesia tak hanya menerima bantuan. Tapi juga memiliki kesempatan untuk menyampaikan apa yang dimiliki di bidang keamanan siber, sebagai sarana dalam pengembangan kapasitas SDM di bidang keamanan siber di kedua negara. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,