Korban Tewas KM Lestari 33 Orang, Rp 30 Miliar Dievakuasi

Korban Tewas KM Lestari 33 Orang, Rp 30 Miliar Dievakuasi

Evakuasi korban KM Lestari Maju yang nyaris tenggelam di perairan Selayar Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. (foto - tribuntimur)

Selayar - Tim SAR gabungan terus melakukan evakuasi para penumpang kapal penyeberangan feri KM Lestari Maju yang nyaris tenggelam di perairan Selayar Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Hingga Rabu pagi, sudah 33 jenazah yang berhasil dievakuasi.
 
Humas Basarnas Makassar Hamsidar menjelaskan, proses pencarian dilakukan hingga Rabu (4/7/2018) sekitar pukul 02.00 wita. Sebanyak 29 penumpang yang meninggal dunia telah berhasil dievakuasi.
 
"Tadi malam 29 korban yang meninggal, dan pagi ini ditemukan 4 jenazah lagi, sehingga total sementara menjadi 33 orang yang meninggal. Tim SAR gabungan pun masih terus melakukan proses evakuasi dan pencarian korban," katanya.
 
Sebelumnya, Badan SAR Nasional menyebutkan, sampai Rabu pagi ini korban tewas kecelakaan KM Lestari Maju sebanyak 30 orang. Sementara 130 orang lainnya selamat. " Hingga jam 07.35 WIB yang ditemukan 160 orang, selamat 130 orang dan meninggal 30 orang," katanya.
 
Ia menyatakan, empat orang lainnya masih belum ditemukan dan masih dalam proses pencarian. Jumlah orang di atas kapal mencapai 164 orang, sementara yang tercatat 144 orang.
 
Sementara itu, Tim SAR gabungan dibantu oleh tim diving Kabupaten Kepulauan Selayar akhirnya berhasil mengevakuasi uang senilai Rp 30 miliar, yang dikabarkan turut tenggelam dalam peristiwa karamnya KM Lestari Maju tersebut.
 
"Alhamdulillah uang untuk gaji ke-13 dan bulan Juli 2018 PNS jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Selayar sudah dievakuasi, tepatnya Selasa malam sekitar pukul 21.00," kata Kepala Cabang Bank Sulselbar Kabupaten Kepulauan Selayar, Nursjam Amstrong.
 
Uang yang dikemas dalam delapan buah karung dan beratnya sekitar 18 kg itu kini sudah diamankan di Kantor Bank Sulselbar Cabang Kepulauan Selayar. "Uang itu akan langsung dibuka untuk diketahui kondisinya. Jika ada yang basah atau rusak segera ditukarkan ke Bank Indonesia (BI)," kata Nursjam.
 
Dengan ditemukannya uang Rp 30 miliar itu Nursjam berharap, para Aparat Sipil Negara (ASN) jajaran Pemkab Selayar tidak lagi khawatir tidak menerima gaji yang dinantikannya.
 
Untuk itu, ia mengucapkan apresiasi yang besar kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses evakuasi. Khususnya para Tim SAR gabungan yang terdiri atasi Basarnas, Kepolisian, TNI, pegawai bank, komunitas diving, security dan masyarakat Selayar. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,