Digerebek, Gudang Kosmetik Mengandung Merkuri di Jakut

Digerebek, Gudang Kosmetik Mengandung Merkuri di Jakut

BPOM gerebek gudang kosmetik mengandung merkuri di Kapuk Muara Penjaringan Jakarta Utara. (foto - bpom)

Jakarta - Sebuah gudang kosmetik berbahaya yang berada di Jalan Kapuk Utara Kelurahan Kapuk Muara Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara digerebek petugas Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) DKI Jakarta, Kamis (26/7/2018) sore.
 
Dalam penggerebekan itu, selain menyita ratusan kosmetik ilegal, petugas mengamankan sejumlah bahan baku kosmetik yang mengandung merkuri. Petugas juga mengamankan tiga orang, satu orang di antaranya merupakan pemilik gudang kosmetik berbahaya, berinisial H.
 
"Kami tangkap tiga orang. Satu adalah pemilik gudang, sedangkan sisanya pegawai," kata Kepala BPOM DKI Jakarta, Sukriadi Darma. Menurutnya, penggerebekan itu merupakan hasil dari pengembangan kasus sebelumnya. Saat itu, petugas menyelidiki sekitar satu bulan.
 
Hasilnya, mereka menemukan 100 ribu buah kosmetik dan bahannya, yang nilainya mencapai Rp 7,3 miliar. "Sebanyak 100 ribu, terdiri atas bahan baku kosmetik yang mengandung bahan berbahaya dan kosmetik ilegal," tegas Sukriadi.
 
Namun, ia belum dapat merinci lebih jauh mengenai temuan itu. BPOM masih menghitung kosmetik berbahaya sitaannya. "Saya belum bisa memberitahu beberapa item yang disita. Ini masih kami hitung. Sekarang saja sudah enam truk," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,