Bupati Lampung Selatan Bersama 11 Orang Ditangkap KPK

Bupati Lampung Selatan Bersama 11 Orang Ditangkap KPK

Penangkapan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan. (foto - ist)

Jakarta - Bupati Lampung Selatan  ditangkap tim Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK)  dalam operasi tangkap tangan (OTT), Kamis malam. Dalam OTT tersebut, KPK mengamankan Bupati Zainudin Hasan bersama 11 orang lainnya.
 
"Ke- 12 orang yang diamankan tersebut langsung diperiksa di Polda Lampung. Direncanakan sebagian akan dibawa ke kantor KPK di Jakarta. Tim mempertimbangkan dari hasil pemeriksaan di Polda Lampung," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Jumat (27/7/2018).
 
Sebelumnya Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, OTT tersebut diduga terkait proyek infrastruktur. Sebanyak 7 orang yang diamankan dari unsur bupati, anggota DPRD, swasta dan pihak lain. Uang yang diamankan mencapai Rp 700 juta, dalam pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu.
 
Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan tidak lain merupakan adik Ketua MPR Zulkifli Hasan. Zainudin merupakan putra asli Lampung Selatan, lahir pada 12 Januari 1965 di Desa Pisang Kecamatan Penengahan.
 
Masa kecil hingga remaja Zainudin dihabiskan di sekitar Kota Kalianda, Ibukota Lampung Selatan. Saat duduk di bangku SMA, ia pindah ke Jakarta dan lulus dari SMAN 53 Jakarta Timur. Ia mendapatkan gelar doktor dalam kurun delapan tahun setelah lulus SMA. Gelar itu ia raih pada 2005 di Universitas Negeri Jakarta.
 
Kini, Zainudin menjabat sebagai Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Lampung. Selain sebagai birokrat dan politikus, ia pernah menjadi dosen, pengacara dan pengusaha. Berpasangan dengan Nanang Ermanto, Zainudin menjabat Bupati-Wakil Bupati Lampung Selatan periode 2016-2021. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,