Jemaah Haji Kloter I Jawa Barat Mendarat di Bandara Soetta

Jemaah Haji Kloter I Jawa Barat Mendarat di Bandara Soetta

Jemaah Haji Kloter Pertama Jabar mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. (foto - Kanwil Kemenag Jabar)

Jakarta - Kloter  pertama  jemaah haji  asal Jawa  Barat  khususnya dari Sumedang  berjumlah 410 orang  tiba di Tanah Air, pada Selasa (28/8/2018) dinihari. Mereka tiba sekitar pukul 04.15 WIB yang langsung disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar Iwa Karniwa.
 
Turut menyambut kedatangan mereka Kepala Kanwil Jabar Kementerian Agama Buchori serta Plt. Kepala Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial Setda Jabar Sonny S Adisudarma di Asrama Haji Embarkasi jakarta - Bekasi Jalan Kemakmuran Kota Bekasi.
 
"Selamat datang kembali di tanah air dalam keadaan sehat walafiat. Informasi terakhir kloter ini (jumlah jemaah) berangkatnya sama pulangnya juga sama," kata Iwa dalam keterangannya. "Insya Allah bapak dan ibu sekalian menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. Amin ya rabbal alamin".
 
Iwa mengaku, pelaksanaan seluruh prosesi ibadah haji selama di Tanah Suci berjalan dengan baik. Selain itu, seluruh pelayanan dan pelaksanaan yang dilakukan kepada para jemaah pun berjalan semakin baik dari tahun ke tahun.
 
"Pelaksanaannya berkesan dari para jemaah menunjukkan, dari tahun ke tahun pelayanan maupun juga pelaksanaan ibadah haji khususnya Embarkasi Haji Bekasi melayani jemaah haji Jabar semakin baik," tegasnya.
 
Ia berharap, setibanya di Tanah Air para jemaah haji terus meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, sekaligus terus menjaga hubungan sosial dengan masyarakat. Dengan begitu, mereka ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Jabar.

"Harapannya sesuai dengan tuntunan dan juga arahan Al Quran dan Hadist Rasulullah SAW, bisa meningkatkan ketaatan, ketakwaan sekaligus juga meningkatkan hablum minannas, hubungan manusia," harap Iwa. "Dengan demikian, harapannya bisa turut membantu mendukung percepatan pembangunan di Jabar".

Salah seorang jemaah haji juga menuturkan, ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang paling didambakan selama bertahun-tahun. Karena ibadah ini merupakan penyempurna dari ibadah lainnya, yaitu Rukun Islam Kelima.

"Semoga ibadah haji ini tak hanya menjelma menjadi kesalehan individual, tapi menjelma menjadi kesalehan sosial," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,