Puluhan Kios di Jalan Sukalila Kota Cirebon Ludes Terbakar

Puluhan Kios di Jalan Sukalila Kota Cirebon Ludes Terbakar

Para pemilik kios yang terbakar mencari barang miliknya yang masih bisa diselamatkan. (foto - ist)

Cirebon - Puluhan kios yang berada di Jalan Sukalila Utara dan Sukalila Selatan Kota Cirebon hangus terbakar, Rabu (29/8/2018) dinihari sekitar pukul 02.30 WIB.
 
Berdasarkan penuturan saksi mata, api berasal dari salah satu kios yang berada di bagian tengah barisan kios Jalan Sukalila Selatan. Diduga, api muncul dari korsleting pada tiang listrik yang berada di dekat kios itu.
 
"Api langsung merambat ke kios lainnya karena kondisinya berdempetan," kata sejumlah warga sekitar. Api menjalar ke puluhan kios itu hanya dalam waktu singkat sekitar 30 menit. Sebab, banyaknya material yang mudah terbakar di lokasi membuat api cepat membesar.
 
Akibatnya, sejumlah kios pun ludes terbakar hingga rata dengan tanah. "Sedikitnya ada 32 kios yang terbakar, yang di bagian tengah itu rata-rata ludes semua," katanya.
 
Puluhan mobil pemadam kebakaran juga langsung diterjunkan ke lokasi. Para petugas baru bisa menjinakkan api sekitar pukul 05.00 WIB. Sementara warga lainnya Ipul mengatakan, dari total kios yang terbakar, 20 di antaranya berada di Jalan Sukalila Utara. Diduga api merambat ke barisan kios di Jalan Sukalila Utara melalui kabel listrik.
 
Ia mengakui, di kawasan itu kios pedagang menggunakan listrik paralel yang disambungkan dari satu kios ke kios lainnya. Kabel itu terlihat putus dari tiang listrik. Selain itu, kabel yang lebih kecil juga terlihat berserakan.
 
"Antara Jalan Sukalila Utara dan Sukalila Selatan dibatasi sungai, tapi api bisa merambat melalui kabel," katanya. pascakebakaran sejumlah pedagang mendatangi kiosnya dan mengais sisa-sisa barang dagangannya yang bisa diselamatkan.
 
Beberapa pedagang hanya mengambil besi bekas terbakar. Petugas pun sudah memasang garis polisi di sepanjang puing puluhan kios yang terbakar. (Jr.)**

 

.

Categories:Daerah,
Tags:,