Pasar Gedebage Kembali Terbakar Hanguskan Ratusan Kios

Pasar Gedebage Kembali Terbakar Hanguskan Ratusan Kios

Pasar Induk Gedebage di kawasan Jalan Soekarno Hatta Bandung kembali terbakar. (foto - @Muhamad90448578)

Bandung - Ratusan  kios  pedagang di  Pasar Induk  Gedebage Kota  Bandung kembali terbakar,  Senin (3/9/2018) sekitar pukul 16.50 WIB. Api dengan cepat merembet ke sejumlah kios disertai asap hitam pekat membumbung tinggi.
 
Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Ferdi Ligaswara menyatakan, para petugas pemadam kebakaran masih fokus untuk melakukan pemadaman di sejumlah titik api.
 
"Pemadaman titik urai api yang menyala masih besar. Kita masih melakukan contraflow, karena api dengan cepat merembet ke sejumlah kios lainnya akibat kencangnya tiupan angin dari timur ke barat," katanya.
 
Menurut Ferdi, banyaknya material yang mudah terbakar seperti kardus dan minyak membuat petugas kesulitan untuk memadamkan api. Ditambah lagi konstruksi bangunan di sana didominasi oleh kayu dan bambu.
 
"Seluruh kios tersebut dominan dari material yang mudah terbakar dan didalamnya banyak benda yang memicu api cukup kuat. Kita langsung melakukan pemblokiran di sekitar lokasi agar api tidak ters merembet," tegasnya.
 
Mengenai penyebab terjadinya kebakaran, Ferdi masih belum bisa menyampaikan karena petugas fokus untuk memadamkan api dengan cepat. "Kita masih utamakan pemadaman terlebih dahulu," katanya.
 
Sementara itu Kepala Pasar Gedebage Rizal menambahkan, meski lokasi kebakaran didominasi oleh material yang mudah terbakar, hampir 70 persen api sudah bisa dikendalikan.
 
"Masih dalam proses pemadaman. Secara keseluruhan 70 persen titik api sudah bisa dikendalikan, namun banyak material yang mudah terbakar sehingga cukup sulit," katanya. Ia menambahkan, titik api berasal dari los 6 dan 7 yang dihuni oleh pedagang ayam.
 
Berdasarkan informasi, dalam kejadian tersebut tidak kurang dari lebih 300 kios milik pedagang hangus terbakar. Kebakaran yang melanda sejumlah kios di Pasar Gedebage Bandung, Senin (3/9/2018), diperkirakan mencapai 300 unit. Lebih dari 10 unit pancar telah dikerahkan Diskar PB Kota Bandung ke lokasi kebakaran. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,