Geger Lubang Misterius di Sukabumi, Ini Penjelasannya

Geger Lubang Misterius di Sukabumi, Ini Penjelasannya

Lubang misterius di Kampung Legoknyenang Desa Sukamaju Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi. (foto - ist)

Sukabumi - Warga Kampung Legoknyenang Desa Sukamaju Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi digegerkan oleh munculnya lubang secara misterius, yang menganga di tengah area persawahan.
 
Namun, aparat kewilayahan (kecamatan) setempat menyatakan penyebab munculnya lubang tersebut.  "Lubang itu akibat adanya gua atau terowongan air di bawah area sawah warga, fungsinya mengalirkan air dari pegunungan menuju selokan Cigalunggung," kata Camat Kadudampit Zaenal Abidin, Jumat (7/9/2018).
 
Zaenal menjelaskan, area sawah yang amblas terjadi karena kontur tanah yang gembur. Menurutnya, jarak terowongan air ke permukaan sawah yang amblas tersebut mencapai sekitar tujuh hingga delapan meter.
 
"Terowongan itu memanjang hingga sejauh 50 meter. Karena di atasnya merupakan areal persawahan, mala air rembes hingga mengakibatkan tanah amblas. Oleh warga terowongan itu dibuat saluran air terbuka," katanya.
 
"Ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan mistis. Hal itu murni akibat saluran air secara alami bawah tanah yang amblas," tegas Zaenal. Ia pun datang bersama aparat muspika dan petugas dari Koramil Kadudampit serta Polsek Kadudampit ke lokasi lubang misterius itu.
 
Kedatangan rombongan itu pun disambut guyuran hujan di sekitar lokasi. Karena khawatir terjadi amblas susulan, sehingga pemeriksaan dilakukan di luar area lubang tersebut. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,